Find Us On Social Media :

Definisi Teori Penawaran Uang dan Faktornya, Materi Ekonomi Kelas XI SMA

Penawaran uang merupakan konsep penting dalam ekonomi makro.

GridKids.id - Kids, sebelumnya kita telah membahas teori permintaan uang.

Nah, berdasarkan materi Ekonomi kelas XI SMA, kali ini GridKids akan mempelajari apa itu definisi dan faktor teori penawaran uang.

Penawaran uang merupakan konsep penting dalam ekonomi makro. Mempelajari penawaran uang adalah kunci untuk memahami perilaku ekonomi, kebijakan moneter, dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi.

Perlu diketahui bahwa istilah penawaran dalam pasar barang dan pasar uang memiliki arti yang berbeda, ya.

Teori penawaran uang adalah teori yang mempelajari tentang jumlah total uang dalam bentuk fisik dan uang giral yang beredar dalam ekonomi pada suatu waktu tertentu.

Bentuk fisik uang berupa uang kerja dan koin, sedangkan uang giral bisa berupa deposito di bank, rekening giro, dan lainnya.

Penawaran uang mencakup semua bentuk uang yang bisa digunakan oleh individu, perusahaan, dan pemerintah untuk melakukan transaksi ekonomi.

Konsep ini penting dalam ilmu ekonomi makro karena penawaran uang memengaruhi tingkat inflasi, suku bunga, dan aktivitas ekonomi secara keseluruhan.

Penawaran uang biasanya diukur dalam beberapa kategori, seperti M1, M2, dan M3, yang mencakup berbagai jenis aset moneter dengan tingkat likuiditas yang berbeda.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang faktor yang memengaruhi teori penawaran uang.

Melansir dari kemdikbud.go.id, penawaran uang bisa diukur dengan berbagai cara, dan biasanya dibagi menjadi tiga komponen, yakni:

Baca Juga: Bagaimana Pemerintah Mengatasi Inflasi? Jawab Pertanyaan Materi Ekonomi Kelas XI SMA