Find Us On Social Media :

Diferensiasi Produk: Pengertian, Tujuan, dan Strategi Memperluas Pasar

Diferensasi produk adalah strategi memperluas pasar atau memvariasi produk

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu melihat dua produk yang sama di sebuah toko, namun dijual dengan harga yang berbeda?

Kira-kira kenapa, ya, produk atau barang yang sama tetapi dijual dengan harga yang berbeda? 

Ya, produk dan barang yang sama bisa memilki perbedaan harga, karena memiliki strategi pemasaran yang berbeda.

Misalnya, menjual sebuah coklat. Tentu, coklat tersebut sudah banyak yang menjualnya. 

Namun, dibuatlah strategi pemasaran dengan membuat coklat dengan varian yang berbeda dari lainnya, sehingga produkmu memilki keunikan dari produk lainnya. 

Nah, strategi pemasaran tersebut dinamakan diferensiasi produk.

Pengertian Diferensiasi Produk

Diferensiasi produk adalah strategi pemasaran di mana suatu produk atau layanan dibedakan dari produk atau layanan pesaingnya dalam pasar yang sama.

Tujuannya adalah untuk menciptakan persepsi unik di benak konsumen, sehingga produk tersebut dianggap lebih bernilai, menarik, atau menguntungkan dibandingkan alternatif yang tersedia.

Dengan kata lain, diferensiasi produk menciptakan ciri khas yang membedakan suatu produk dari yang lainnya.

Tujuan Diferensiasi Produk

Baca Juga: Perdagangan Antardaerah: Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Setelah memahami pengertiannya, mari kita lihat tujuan diferensiasi produk yaitu:1. Membuat perbedaan suatu produk dengan mengembangkan atau memodifikasi sebuah produk.

2. Menciptakan produk lebih unggul dari alternatif yang ada di pasar.

3. Menciptakan Nilai Tambah bagi pelanggan, baik melalui kualitas produk yang lebih baik, layanan pelanggan yang unggul, atau fitur yang inovatif.

4. Meningkatkan harga ketika sebuah produk atau layanan memiliki ciri-ciri unik yang dihargai oleh pelanggan.

Cara Melakukan Diferensiasi

Ada beberapa cara untuk melakukan diferensiasi produk:

1. Kualitas

Produk dapat didefinisikan melalui tingkat kualitas yang lebih tinggi, baik dalam hal desain, bahan, atau proses produksi. Kualitas yang lebih baik dapat membantu menciptakan citra produk yang andal dan berkualitas tinggi.

2. Fitur

Menambahkan fitur-fitur unik atau inovatif pada produk dapat membuatnya lebih menarik bagi konsumen. Fitur-fitur ini harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan target pasar.

Baca Juga: 6 Contoh Komoditas Unggulan Produk Indonesia di Pasar Ekspor

3. Kinerja

Jika produk memiliki kinerja yang lebih baik atau lebih efektif dalam memenuhi tujuan tertentu, ini dapat menjadi alasan bagi konsumen untuk memilih produk tersebut.

4. Desain

Desain produk yang menarik secara visual dapat menjadi faktor diferensiasi yang kuat.

Desain yang menarik dapat meningkatkan daya tarik konsumen dan menciptakan identitas merek yang kuat.

5. Brand Image  (Merek)

Membangun citra merek yang positif dan kuat dapat membantu produk menjadi lebih dikenal dan diinginkan oleh konsumen.

6. Harga

Walaupun harga seringkali bukan satu-satunya faktor diferensiasi, strategi penetapan harga yang cerdas dapat digunakan untuk menciptakan persepsi nilai yang lebih tinggi.

7. Pengalaman Pengguna

Menciptakan pengalaman pengguna yang positif dan mudah dapat membantu produk menjadi lebih menarik bagi konsumen.

Baca Juga: Ilmu Ekonomi Kelas X SMA: 5 Produk Pasar Modal yang Diperjualbelikan di BEI

8. Pemasaran dan Iklan

Penggunaan pesan pemasaran yang kreatif dan efektif, serta kampanye iklan yang menarik, dapat membantu produk menjadi lebih dikenal dan diinginkan.

Penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang paling relevan dan berpotensi menarik bagi target pasar kamu.

Dengan mengimplementasikan strategi diferensiasi produk yang tepat, kamu dapat membedakan produk kamu dari pesaing dan meningkatkan daya tariknya di pasaran.

 

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.