Find Us On Social Media :

Diferensiasi Produk: Pengertian, Tujuan, dan Strategi Memperluas Pasar

Diferensasi produk adalah strategi memperluas pasar atau memvariasi produk

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu melihat dua produk yang sama di sebuah toko, namun dijual dengan harga yang berbeda?

Kira-kira kenapa, ya, produk atau barang yang sama tetapi dijual dengan harga yang berbeda? 

Ya, produk dan barang yang sama bisa memilki perbedaan harga, karena memiliki strategi pemasaran yang berbeda.

Misalnya, menjual sebuah coklat. Tentu, coklat tersebut sudah banyak yang menjualnya. 

Namun, dibuatlah strategi pemasaran dengan membuat coklat dengan varian yang berbeda dari lainnya, sehingga produkmu memilki keunikan dari produk lainnya. 

Nah, strategi pemasaran tersebut dinamakan diferensiasi produk.

Pengertian Diferensiasi Produk

Diferensiasi produk adalah strategi pemasaran di mana suatu produk atau layanan dibedakan dari produk atau layanan pesaingnya dalam pasar yang sama.

Tujuannya adalah untuk menciptakan persepsi unik di benak konsumen, sehingga produk tersebut dianggap lebih bernilai, menarik, atau menguntungkan dibandingkan alternatif yang tersedia.

Dengan kata lain, diferensiasi produk menciptakan ciri khas yang membedakan suatu produk dari yang lainnya.

Tujuan Diferensiasi Produk

Baca Juga: Perdagangan Antardaerah: Pengertian, Tujuan dan Contohnya