Find Us On Social Media :

Mempelajari Makna Idiom berserta Contohnya, Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD

Makna idiom dan contoh-contohnya

GridKids.id - Kids, dalam penggunaan Bahasa Indonesia sehari-hari, kita pasti pernah menemukan istilah idiom

Biasanya idiom berkaitan dengan ungkapan atau makna dalam suatu bahasa.

Pengertian Idiom

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), idiom diartikan sebagai konstruksi makna yang berbeda dengan gabungan makna unsurnya.

Melansir Kompas.com, idiom merupakan ungkapan yang maknanya cukup sulit dimengerti atau dipahami lewat satu kata atau secara perkata saja.

Idiom adalah ungkapan atau frasa bahasa yang memiliki makna khusus yang tidak dapat dimaknai secara harfiah berdasarkan kata-kata individual yang membentuknya.

Idiom umumnya digunakan dalam percakapan sehari-hari dan sastra untuk mengkomunikasikan ide atau makna tertentu dengan cara yang kreatif dan khas.

Biasanya, makna sebuah idiom tak dapat dipahami hanya dengan merinci arti kata-kata yang ada dalam idiom tersebut.

Meskipun kata-kata dalam idiom ini merujuk pada tindakan fisik, makna sebenarnya adalah mengungkapkan ketepatan atau keakuratan.

Idiom sering kali terbentuk oleh budaya dan tradisi masyarakat tertentu, sehingga pemahaman terhadap idiom-idiom tertentu mungkin bergantung pada pengetahuan tentang latar belakang budaya dan bahasa yang relevan.

Idiom tak hanya ada dalam bahasa Indonesia saja. Idiom juga terdapat di beberapa bahasa, termasuk dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Baca Juga: Contoh Kalimat Idiom Bahasa Inggris Lengkap dengan Artinya