Find Us On Social Media :

Apa yang Terjadi Jika Galaksi Bima Sakti Menabrak Galaksi Lain di Dekatnya?

Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi di mana tata surya kita berada. Apa yang akan terjadi jika galaksi kita bertabrakan dengan galaksi-galaksi tetangga?

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu telah membahas galaksi-galaksi yang bisa dilihat di langit kita.

Para ahli memperkirakan ada milyaran bintang dan berbagai galaksi yang ada terbentang di alam semesta.

Hingga kini para astronom masih terus mempelajari dan meneliti tentang hal ini, meski masih sangat banyak yang belum berhasil terungkap.

Bumi dan tata surya kita termasuk dalam galaksi Bima Sakti atau Milky Way Galaxy.

Tentu kamu pun tahu bahwa Bima Sakti bukan satu-satunya galaksi di alam semesta.

Bima Sakti memiliki beberapa galaksi tetangga, seperti misalnya galaksi Andromeda (Messier 31/M31) berjarak 2,5 juta tahun cahaya dan Galaksi Triangulum (Messier 33/M33) yang berjarak 3 juta tahun cahaya dari Bima Sakti.

Ketiga galaksi ini saling berinteraksi satu lain meski juga berada di jaraknya masing-masing.

Bersumber dari laman ilmugeografi.com, peneliti dari University of St. Andrews mengungkap bahwa Galaksi Bima Sakti dan Galaksi Andromeda sudah pernah mengalami tabrakan sekitar 10 milyar yang lalu.

Teori yang digunakan oleh peneliti ini mengunakan teori gravitasi Modified Newtonian Dynamics (MDO) yang punya konsep sedikit berbeda dengan konsep gravitasi Newton dan Einstein.

Tanda-tanda yang mendukung teori tentang teori tabrakan Galaksi Bima Sakti dengan Galaksi Andromeda adalah adanya galaksi kerdil di sekitar Galaksi Bima Sakti.

Nah, meski sudah pernah bertabrakan sebelumnya, bukan berarti di masa depan kedua galaksi yang bertetangga ini enggak akan saling menabrak satu sama lain lagi.

Baca Juga: Berukuran Sangat Besar, Kenapa Kita Tak Bisa Melihat Galaksi di Langit Malam?