Find Us On Social Media :

6 Dampak dari Aktivitas Erupsi Gunung Api bagi Manusia dan Flora Fauna, Geografi Kelas X SMA

Aktivitas erupsi gunung api adalah kejadian alam yang melibatkan pelepasan material vulkanik, gas, dan energi dari suatu gunung api.

GridKids.id - "Jelaskan dampak dari aktivitas erupsi gunung api bagi manusia dan flora fauna!"

Nah, terdapat pertanyaan tentang dampak aktivitas erupsi gunung api bagi manusia dan flora fauna pada materi Geografi kelas X SMA buku Kurikulum Merdeka.

Aktivitas erupsi gunung api adalah kejadian alam yang melibatkan pelepasan material vulkanik, gas, dan energi dari suatu gunung api.

Sementara erupsi gunung api merupakan bagian dari proses alamiah di dalam bumi yang terkait dengan aktivitas geologis dan pergerakan lempeng tektonik.

Aktivitas tektonik bisa terjadi di berbagai skala, mulai dari pergerakan lempeng tektonik yang sangat besar hingga pergerakan batuan yang sangat kecil.

Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu Lempeng Indo-Australia di selatan, Lempang Eurasia di utara, dan Lempeng Pasifik di timur.

Pertemuan ini menyebabkan beberapa dampak bagi Indonesia, salah satunya banyak gunung api.

Gunung api merupakan gunung yang di dalamnya terdapat lahar panas.

Yuk, kita cari tahu sama-sama apa saja dampak dari aktivitas erupsi gunung api bagi manusia dan flora fauna, simak informasi di bawah ini!

Dampak dari Aktivitas Erupsi Gunung Api bagi Manusia

1. Evakuasi dan Pengungsi

Baca Juga: 10 Pengaruh Lipatan dan Patahan bagi Manusia dan Flora Fauna, Geografi Kelas X SMA