Find Us On Social Media :

Mengenal Tulang Rawan: Pengertian, Fungsi, hingga Ciri-Ciri

Tulang rawan adalah jaringan penghubung pada berbagai bagian tubuh.

GridKids.id - Kids, pernahkah kalian mendengar tulang rawan?

Tulang rawan adalah sejenis jaringan yang terdapat pada tubuh manusia maupun hewan. Tulang rawan bersifat elastis atau lentur.

Jaringan ini tersusun dari jaringan ikat khusus yang terdiri dari sel-sel kondrosit yang mensekresikan matriks (kondrin) berupa hialin atau kolagen.

Tulang ini memiliki banyak fungsi penting dalam mendukung dan melindungi berbagai struktur tubuh.

Fungsi Tulang Rawan

Tulang rawan memiliki beberapa fungsi pada tubuh. Fungsi utama dari tulang rawan adalah menjadi tulang awal pembentuk tubuh manusia.Sebagian besar yang memiliki tulang rawan adalah bayi. Namun, tulang-tulang rawan pada tubuh mengalami penulangan atau osifikasi.Karena itu membuat tulang rawan perlahan tumbuh menjadi keras, dan enggak lentur lagi saat manusia tumbuh menjadi dewasa.Selain itu, fungsi tulang rawan lainnya adalah sebagai penyokong jaringan lunak.

Ciri-Ciri Tulang Rawan

Tulang rawan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dari jaringan lain dalam tubuh. Berikut adalah beberapa ciri-ciri utama tulang rawan:

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Melemahkan Kekuatan Tulang, Sudah Tahu?

1. Matriks Ekstraseluler

Tulang rawan terdiri dari matriks ekstraseluler yang terdiri dari serat-serat kolagen dan proteoglikan.

Kolagen memberikan kekuatan dan ketahanan pada tulang rawan, sedangkan proteoglikan memberikan daya regangan dan fleksibilitas.