Find Us On Social Media :

Hari Harimau Sedunia 29 Juli: Kenapa Harimau Penting Bagi Kehidupan Kita?

29 Juli diperingati sebagai Hari Harimau Sedunia. Kenapa harimau penting bagi ekosistem kehidupan?

GridKids.id - Hari ini 29 Juli diperingati sebagai Hari Harimau Sedunia (International Tiger Day).

Dilansir dari laman rimbakita.com, Hari Harimau Sedunia diperingati pertama kali pada 2010 tepat di Saint Petersburg Tiger Summit atau konferensi khusus untuk harimau.

Peringatan Hari Harimau Sedunia 29 Juli menjadi mementum untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya konservasi harimau.

Harimau sebagai predator puncak rantai makanan yang kini makin terancam populasinya, Kids.

Pihak yang menggagas peringatan Hari Harimau Sedunia sedunia ini adalah pecinta harimau yang berupaya mempromosikan sistem perlindungan global terhadap harimau.

Dengan promosi ini diharapkan bisa mengajak dan mengedukasi masyarakat tentang betapa pentingnya harimau bagi ekosisten dan kenapa harimau harus dilindungi.

Harimau sebagai hewan yang berperan menjaga populasi spesies lainnya berperan menjaga keseimbangan ekosistem.

Jika harimau punah, maka ekosistem akan terganggu dan menyebabkan kasus overpopulasi yang nantinya berdampak bagi kehidupan makhluk hidup lain, mulai dari satwa, tumbuhan, hingga manusia.

Eksistensi harimau juga terancam oleh aktivitas manusia yang aktif melakukan perburuan hingga perluasan lahan untuk industri hingga permukiman manusia.

Tiap tahun, populasi harimau di berbagai negara dunia terus menurun.

Sehingga momentum Hari Harimau Sedunia ini jadi salah satu cara untuk mengedukasi dan mengingatkan pada masyarakat luas tentang pentingnya eksistensi Harimau di alam bebas.

Baca Juga: Kenapa Harimau Memiliki Belang-Belang di Tubuhnya? #AkuBacaAkuTahu