Find Us On Social Media :

Hari Pencegahan Tenggelam Sedunia 25 Juli: Latar Belakang dan Langkah Preventifnya

Hari ini 25 Juli diperingati sebagai Hari Pencegahan Tenggelam Sedunia. Seperti apa latar belakang penetapannya?

GridKids.id - Tepat 25 Juli hari ini diperingati sebagai Hari Pencegahan Tenggelam Sedunia.

Hari Pencegahan Tenggelam Sedunia diawali dari resolusi Majelis Umum PBB terkait peningkatan kesadaran tentang pencegahan tenggelam secara global, Kids.

Penetapan 25 Juli sebagai hari pencegahan tenggelam sedunia bertujuan supaya kampanye yang dicanangkan PBB ini bisa lebih luas jangkauannya.

Dilansir dari laman indonesia.un.org, tiap tahun ada 236.000 orang yang tenggelam di seluruh dunia.

Kasus tenggelam bahkan jadi penyebab utama ketiga kasus kematian karena cedera yang enggak disengaja di seluruh dunia, lo, Kids.

Bahkan tenggelam jadi salah satu penyebab utama kematian global utamanya bagi anak-anak juga remaja.

Upaya advokasi global melalui peringatan Hari Pencegahan Tenggelam Sedunia tiap 25 Juli berfungsi menyoroti dampak tragis dan mendalam dari kecelakaan tenggelam bagi keluarga terdampak hingga masyarakat luas.

Perlu kerja sama antara pemerintah, swasta, badan-badan PBB, organisasi masyarakat, akademisi, hingga individual untuk memiliki pengetahuan dan kepedulian terhadap isu tenggelam ini.

Upaya preventif perlu dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan fatal yang bisa mengancam nyawa korban, khususnya anak-anak dan orang-orang yang enggak bisa berenang.

Nah, kali ini GridKids akan mengajakmu turut melihat bagaimana cara yang bisa kamu lakukan untuk memperingati Hari Pencegahan Tenggelam Sedunia yang jatuh pada 25 Juli hari ini.

Yuk, simak sama-sama upaya preventif yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko tenggelam yang bisa berakibat fatal bagi keselamatan seseorang.

Baca Juga: Sigap dan Jangan Panik, Inilah Langkah Pertolongan Pertama untuk Menolong Orang Tenggelam