Find Us On Social Media :

Contoh-Contoh Tata Krama dalam Berkomunikasi, Salah Satunya Menatap Mata

Tata Krama adalah suatu aturan berperilaku atau sikap dalam kehidupan sehari-hari

GridKids.id - Keramah-tamahan dikenal dengan tata krama atau wujud sopan santun yang kita berikan kepada orang lain.

Indonesia salah satu negara yang dikenal dengan tata kramanya kepada orang asing siapapun dan di manapun.

Untuk menjadi pribadi yang memilki tata krama yang baik, kita bisa memulai dengan menghormati dan menghargai orang lain. 

Pengertian Tata Krama

Tata krama terdiri dari kata "tata" dan "krama". Tata berarti aturan, norma, atau adat.

Krama berarti sopan santun, perilaku santun, tingkah laku yang santun, bahasa yang santun, dan tindakan yang santun.Tata krama adalah suatu wujud perilaku tata tertib dengan cara yang baik. 

Tata krama juga dapat dipahami sebagai peraturan atau aturan yang diwariskan yang berkembang dalam sosial budaya untuk mengatur interaksi individu.

Tata krama juga dianggap sebagai cara untuk menjalin hubungan antar manusia.

Kebiasaan ini dihasilkan dari aksi dan reaksi dalam suatu komunikasi.

Nah, Kids tata krama dalam berbicara juga sangat penting. Ketika kita berkomunikasi dengan seseorang bisa menjadi sebuah kesan pertama bagi seseorang untuk menggambarkan diri kita secara luar.

Baca Juga: Wajib Tahu, Begini 8 Etika Makan yang Baik Diajarkan pada Anak-Anak Sejak Dini

Dalam sebuah percakapan pastinya gaya bahasa, pemilihan kata yang tepat, dan bagaimana kita bisa membahas sebuah topik pastinya menjadi kesan utama bagi seseorang menilai bagaimana diri kita.

Tata krama dalam berkomunikasi menunjukan kualitas pribadi kita.

Sebaliknya ketika melakukan percakapan dengan berkata kasar, menyela pembicaraan orang lain dan tak membiarkan orang berpendapat justru itu akan menimbulkan konflik.

Untuk menghindari berbicara yang tak sesuai tata krama, berikut contoh tata krama dalam berkomunikasi yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 
1. Menatap wajah lawan bicara
 
Ketika berkomunikasi sebaiknya pandangan atau arah mata kita melihat atau tertuju kepada orang lain.
 
2. Enggak membicarakan keburukan orang lain
 
Saat melakukan percakapan sebaiknya kita tak membicarakan keburukan orang lain.
 
3. Menggunakan kosa kata yang sopan
 
Gunakan kosa kata yang sopan saat berkomunikasi dengan orang lain. Hal itu salah satu sikap kita menghormati orang lain.
 
 
4. Dengarkan dengan baik saat lawan bicara berkomunikasi
 
Komunikasi melibatkan percakapan panjang satu sama lain, jadi etika komunikasi yang baik adalah ketika lawan bicara berbicara, dengarkan baik-baik dan hati-hati agar lawan bicara merasa dihargai.
 
5. Berbicara dengan jelas agar lawan bicara mudah menangkap maksud yang ingin disampaikan.
 
Usahakan saat berkomunikasi dengan seseorang kamu berbicara dengan jelas dan jangan terlalu cepat atau terlalu lama. Faktor yang mempengaruhi pesan tak baik salah satunya karena berbicara lama atau terlalu cepat.
 

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.