Find Us On Social Media :

Pengertian Bimbingan Sosial Menurut Para Ahli, Salah Satunya Tolbert

Bimbingan sosila adalah proses membantu untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang sejahtera baik individu, keluarga dan masyarakat

GridKids.id - Bimbingan merupakan seluruh program atau semua kegiatan dalam sebuah layanan atau lembaga pendidikan yang membantu individu atau siswa agar dapat mengenali dirinya sendiri.

Hal ini baik secara kemampuan atau kelemahan agar dapat bertanggug jawab. Bimbingan juga bertujuan untuk mengenali seseorang untuk memahami potensi diri atau bakat kita.

Sosial berasal dari kata sofie, yaitu bercocok tanam atau bertaman, kemudian berkembang menjadi socius, dalam bahasa latin yang berarti teman, kawan.

Berkembang lagi menjadi sosial, artinya berteman, bersama, berserikat.

Bimbingan sosial (sosial guidance) adalah bimbingan yang berhubungan dengan masalah-masalah sosial.

Bimbingan sosial adalah layanan bimbingan dan konseling untuk membantu siswa dalam mengenal dan berhubungan dengan lingkungan sosialnya yang dilandasi dengan budi pekerti luhur dan tanggung jawab kemasyarakatan dan kenegaraan.

Pengertian Bimbingan Sosial Menurut Para Ahli 

1. Tolbert

Menurut Tolbert bimbingan sosial adalah rangkaian kegiatan serta layanan yang dilakukan sebagai upaya bantuan untuk individu dapat mengatur dan melaksanakan rencana serta melakukan penyesuaian diri dalam semua aspek kehidupan sehari-hari.

2. Riswani

Menurut Riswani Bimbingan sosial merupakan suatu bimbingan atau bantuan dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah sosial seperti pergaulan, penyelesaian masalah konflik, penyesuain diri dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Anak Cerdas menurut Psikolog, Salah Satunya Sangat Aktif