Find Us On Social Media :

Pendidikan Informal: Pengertian, Ciri-Ciri, hingga Contohnya

Pendidikan informal adalah jalur pendidikan baik dari keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.

GridKids.id - Pendidikan sangat penting bagi anak bangsa. Sebab pendidikan berguna untuk memajukan bangsa Indonesia dengan bekal ilmu yang didapatkan.

Pendidikan adalah sistematis untuk menciptakan lingkungan pendidikan dan suatu langkah pembelajaran, di mana siswa memiliki kekuatan mental, pengontrolan diri, kepribadian dan kecerdasan yang dibutuhkan oleh masyarakat, negara dan bangsa indonesia untuk berkembang secara aktif

Dalam sistem pendidikan di Indonesia, ada 3 sistem yaitu pendidikan formal, non formal dan informal.

Nah, kali ini kita akan membahas sistem pendidikan informal.

Pengertian Pendidikan Informal

Pendidikan informal biasanya dilakukan di lingkungan sekitar dengan bantuan beberapa pihak.

Sesuai namanya, jenis pendidikan ini berada di luar jalur pendidikan formal, seperti sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Menurut Hamid Darmadi dalam buku Pengantar Pendidikan Era Globalisasi, berikut pengertian pendidikan informal:

"Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan yang terbentuk lewat aktivitas belajar secara mandiri."

Sementara itu, dikutip dari buku Model Pewarisan Budaya melalui Pendidikan Informal oleh Yus Darusman, pendidikan informal adalah pendidikan dalam keluarga.

Karena pendidikan informal memang berfokus pada keluarga. Salah satu tujuannya ialah mendidik anak-anak supaya mereka memiliki kepribadian yang baik.

Baca Juga: Apa Itu Sosiologi Pendidikan? Ini Pengertian dan Fungsi Pokoknya