Find Us On Social Media :

Sosiologi Kelas X SMA: 10 Dampak Positif dan Negatif Adanya Diferensiasi Sosial

Diferensiasi sosial diartikan sebagai pengelompokkan secara horizontal dalam kehidupan masyarakat.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian diferensiasi sosial menurut para ahli.

Kali ini GridKids akan mencari tahu dampak positif dan negatif adanya diferensiasi sosial dalam masyarakat.

Pembahasan dampak positif dan negatif adanya diferensiasi sosial sesuai dengan materi Sosiologi kelas X SMA buku Kurikulum Merdeka.

Tahukah kamu? Pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial alam kehidupan bermasyarakat cukup beragam, mulai dari fanatisme hingga konflik sosial.

Diferensiasi sosial diartikan sebagai pengelompokan secara horizontal dalam kehidupan masyarakat.

Pengelompokan tersebut terjadi berdasarkan beberapa kriteria, yaitu agama, suku, ras, dan gender.

Pengelompokan masyarakat secara horizontal bisa menimbulkan konsekuensi bagi kelompok-kelompok sosial yang ada, lo. Konsekuensi tersebut meliputi fanatisme, solidaritas, dan toleransi.

Fanatisme merupakan kondisi saat anggota kelompok memiliki ikatan yang kuat dengan kelompoknya dan membedakan dirinya dengan kelompok lain.

Sementara solidaritas adalah kondisi diferensiasi karena suku bangsa atau etnis yang membuat ikatan mereka dalam satu etnis jauh lebih kuat daripada ikatan mereka di luar etnis.

Toleransi diartikan sebagai pengaruh yang timbul karena pemahaman akan perbedaan kelompok horizontal di antara kelompok sosial akan menumbuhkan toleransi di antara mereka.

Baca Juga: Sosiologi Kelas X SMA: Pengertian dan Jenis-Jenis Diferensiasi Sosial

Simak informasi di bawah untuk mengetahui dampak positif dan negatif diferensiasi sosial!