Find Us On Social Media :

Materi Biologi Kelas 11: Mengenal Difusi Zat dalam Pelarut

Proses difusi terjadi karena adanya pergerakan suatu partikel zat dari daerah yang berkonsentrasi lebih tinggi menuju daerah yang berkonsentrasi lebih rendah

GridKids.id - Kids, apakah kamu pernah mendengar istilah difusi?

Tanpa disadari, kita kerap menemukan proses difusi dalam kehidupan sehari-hari, lo.

Difusi atau pembauran merupakan peristiwa mengalirnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. 

Contohnya ketika kita melarutkan gula untuk membuat teh manis, atau menaburkan garam ke dalam masakan.

Dari contoh tersebut dapat kita pahami bahwa difusi adalah perpindahan suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke rendah.

Pengertian Difusi

Difusi adalah istilah yang juga dikenal sebagai pembauran. Pembauran atau difusi adalah peristiwa mengalirnya atau berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah.

Perbedaan konsentrasi yang ada pada dua larutan disebut gradien konsentrasi.

Difusi adalah peristiwa yang akan terus terjadi hingga seluruh partikel tersebar luas secara merata atau mencapai keadaan kesetimbangan di mana perpindahan molekul tetap terjadi walaupun tidak ada perbedaan konsentrasi.

Selain pembauran gula pada cairan teh tawar, contoh lain difusi adalah uap air yang berdifusi dalam udara. Uap air dari cerek berdifusi dalam udara.

Difusi yang paling sering terjadi adalah difusi molekuler. Difusi ini terjadi jika terbentuk perpindahan dari sebuah lapisan (layer) molekul yang diam dari solid atau fluida.

Baca Juga: Materi Biologi Kelas 11: Transportasi Energi Sel dalam Mahkluk Hidup