Find Us On Social Media :

Profesi: Pengertian, Ciri-Ciri hingga Macam Profesi

Profesi merupakan seseorang yang memperoleh penghasilan dari pengetahuan atau pengalaman khusus yang dimiliki oleh seseorang

GridKids.id - Profesi merupakan istilah yang merujuk pada suatu pekerjaan dan membutuhkan keahlian dan ketrampilan khusus. 

Pengertian Profesi 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dimaksud oleh profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi oleh pendidikan keahlian, seperti keterampilan serta kejuruan tertentu.

Istilah profesi dapat mengacu kepada siapa saja yang mencari nafkah dengan cara melakukan satu kegiatan yang membutuhkan tingkat pendidikan dan keterampilan atau pelatihan tertentu.

Biasanya, profesi memiliki standar tersendiri dan berkaitan dengan profesionalitas sebagai salah satu karakteristik. Sejatinya profesi adalah pekerjaan yang dilaksanakan untuk dapat menghasilkan nafkah hidup dengan mengandalkan suatu keahlian.

Oleh sebab itulah, tak semua pekerjaan termasuk sebagai profesi. Profesi hanya pekerjaan yang mengandalkan keahlian saja.

Profesi tak seperti pekerjaan yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa adanya pelatihan dan tanpa adanya persiapan khusus untuk dapat melakukan pekerjaan tersebut.

Suatu profesi harus memiliki 3 pilar pokok yaitu:

1. Keahlian

2. Pengetahuan

Baca Juga: KidZania Membuka Establishment Baru untuk Mengenalkan Anak Profesi Ahli Kecantikan

3. Persiapan akademik

Keahlian dan pengetahuan profesi didapatkan melalui pendidikan maupun pengalaman.