Find Us On Social Media :

Mengenal Proses Etiolasi pada Tumbuhan dan Penyebabnya

Tanaman yang mengalami etiolasi akan berwarna pucat dan batangnya tidak kuat atau lebih rapuh

GridKids.id - Kids, kita mengetahui bahwa tumbuhan memerlukan matahari untuk pertumbuhannya. 

Tapi, tahukah kamu sebuah tanaman bisa diletakkan di tempat yang gelap atau kurang cahaya juga bisa mengalami proses pertumbuhan yang cepat.

Berdasarkan dari berbagai pengamatan,ternyata hal yang tersebut memang benar adanya.

Ketika suatu tanaman ditempatkan di tempat yang gelap atau media tertutup, maka tanaman tersebut justru memiliki batang yang lebih panjang bila dibandingkan dengan tanaman yang ditanam di tempat-tempat yang terkena sinar matahari atau tempat terbuka.

Nah, dalam ilmu biologi proses tersebut disebut etiolasi.

Apa itu etiolasi?

Melansir Kompas.com, etiolasi adalah suatu peristiwa pertumbuhan yang tak normal di mana tanaman tumbuh di tempat gelap tanpa adanya sinar matahari.

Pertumbuhan tumbuhan yang sangat cepat di tempat gelap namun kondisi tumbuhan lemah, batang tak kokoh, daun kecil dan tumbuhan tampak pucat.

Dilansir dari Kimball's Biology Pages, etiolasi menyebabkan tanaman memanjang lebih cepat dari biasanya yang diakibatkan kerja hormon pertumbuhan auksin.

Auksi adalah hormon pertumbuhan yang mengatur pertambahan panjang sel batang pada tanaman dan mempengaruhi pertumbuhan batang menuju cahaya.

Dilansir dari Gardening Know How, auksin diproduksi pada ujung tanaman dibawa ke bagian pertumbuhan dan meningkatkan keasaman.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Ampuh Mencegah Ular Masuk ke Rumah, Ada Marigold