Find Us On Social Media :

Keanekaragaman Hayati: Pengertian dan Tingkatannya, IPA Kelas 10 SMA

Keanekaragaman hayati di Indonesia sangat beragam, mulai dari fauna hingga floranya.

GridKids.id - Kids, pada artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini kamu akan masuk ke pembahasa tentang keanekaragaman Makhluk Hidup, Interaksi, dan Peranannya di Alam.

Dalam buku materi IPA Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 154-155 kamu akan diajak mengenal keanekaragaman hayati.

Keanekaragaman hayati berarti keberagaman yang ada pada makhluk hidup, Kids.

Keberagaman bisa ditemukan pada tingkatan gen, spesies, dan ekosistem yang disebabkan oleh adanya faktor genetik atau keturunan juga perbedaan faktor lingkungan.

Pada dasarnya keanekaragaman melukiskan keadaan yang bermacam-macam terhadap suatu benda yang terjadi karena adanya perbedaan dalam hal, ukuran, bentuk, tekstur, ataupun jumlahnya.

Indonesia adalah sebuah wilayah yang memiliki beragam keanekaragaman flora dan fauna yang dikenal dengan istilah biodiversitas.

Biodiversitas merupakan sebuah tingkatan yang ada di dalam bumi dan hal ini jadi sebuah patokan atau ukuran dalam penentu kesehatan bumi.

Keanekaragaman hayati yang ada di sebuah lingkungan ekosistem darat punya jumlah yang lebih tinggi daripada biodiversitas lingkungan di kutub.

Hal ini disebabkan oleh iklim atau cuaca karena biodiversitas jadi fungsi dari adanya sebuah iklim.

Perubahan yang terjadi pada lingkungan bisa membawa dampak buruk bagi spesies dan memicu terjadinya kepunahan massal.

Sebelumnya pada sebuah artikel GridKids mencoba menunjukkan bahwa sudah ada setidaknya lima kali kepunahan massal yang terjadi di Bumi.

Baca Juga: 25 Nama-Nama Suaka Margasatwa di Indonesia Beserta Lokasinya