Find Us On Social Media :

3 Sikap yang Perlu Ditanamkan Sejak Dini untuk Menjaga Keutuhan NKRI

Indonesia sebagai bangsa yang majemuk perlu dijaga dari kemungkinan konflik, lalu apa yang perlu ditanamkan pada diri warga negara untuk menjaga keutuhan NKRI?

GridKids.id - Kids, tahukah kamu salah satu cita-cita Bangsa Indonesia adalah menciptakan negara yang selalu bersatu dan utuh?

Hal itulah kenapa kita masing-masing warga negara punya kewajiban untuk mendorong terwujudnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Salah satu cara yang bisa ditetapkan adalah dengan mendorong pendidikan Pancasila yang menyeluruh bagi seluruh rakyat Indonesia.

Upaya mewujudkan keutuhan NKRI bagi semua warga negara Indonesia adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan sebagai warga negara yang baik.

Lalu, sikap seperti apakah yang harus kita hayati dan tanamkan sejak dini sebagai pegangan berbangsa dan bernegara yang baik?

Sikap yang Baik Diterapkan untuk Menjaga Keutuhan NKRI

1. Rela Berkorban

Sikap rela berkorban adalah bentuk kesediaan dan keikhlasan untuk memberikan apa yang dimiliki untuk orang lain.

Sikap ini juga berlaku bagi bangsa dan negara meski kadang bisa jadi ketika berkorban harus menderita dan mengalami kerugian dan kesedihan.

2. Berusaha Menjalin Persatuan dan Kesatuan di Mana saja

Indonesia memiliki semboyan persatuan yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang mencerminkan keberagaman atau kemajemukan yang bisa membaur jadi satu.

Baca Juga: 4 Makna dan Tujuan dari NKRI serta Tantangan dalam Menjaga Keutuhannya