Find Us On Social Media :

Tidak Perlu Khawatir, Ternyata Ini Manfaat Renang untuk Bayi

berenang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, meningkatkan stamina dan bahkan meningkatkan keseimbangan serta postur tubuh.

GridKids.id - Berenang salah satu olahraga yang paling menyenangkan. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak menyukai olahraga berenang. 

Bahkan, saat ini sudah banyak lo kelas renang khusus untuk bayi yang memiliki berbagai manfaat untuk tumbuh kembangnya.

Sebelum mengetahui mengenai manfaat berenang bagi bayi, yuk simak bagaimana cara bayi menyelam.

Cara Bayi Menyelam

Meskipun bayi memiliki struktur tulang yang belum begitu kuat, tapi bayi akan menghentikan apapun yang dilakukan, lalu menahan, menutup mata dan menghirup banyak udara.

Saat berenang, bayi juga akan refleks. Reflek ini dikenal dengan istilah refleks bradikardi atau refleks mamalia menyelam.

Refleks ini pertama kali dijelaskan oleh Edmund Goodwyn pada tahun 1786.Ini merupakan respon fisik yang terjadi pada mamalia (termasuk manusia) saat terendam di dalam air.

Maka refleks ini terjadi pada bayi yang memungkinkan mereka menahan nafas lebih lama dan menghemat oksigen dalam air.Saat refleks ini beraksi, terdapat beberapa perubahan pada tubuh.

Pertama yakni detak jantung melambat yang mana oksigen pada tubuh berkurang.

Baca Juga: Benarkah Hiu Harus Terus Berenang untuk Bertahan Hidup? #AkuBacaAkuTahu

Setelah itu, berhenti bernafas untuk sementara yang mampu menghemat oksigen. Lalu pembuluh darah di ekstremitas yang menyempit.

Refleks bayi saat renang juga lebih baik daripada refleks orang dewasa saat renang.