Find Us On Social Media :

Adaptasi Bencana Alam: Gempa Bumi hingga Gunung Meletus, Geografi Kelas 11 SMA

Ada beberapa langkah adaptasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan menanggulangi bencana gempa bumi yang sering terjadi di Indonesia.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Geografi Kelas 11 SMA kali ini kamu akan diajak melihat adaptasi atau penyesuaian terhadap berbagai jenis-jenis bencana alam yang terjadi di Indonesia.

Adaptasi bencana lahir dari pengalaman bencana yang pernah dialami seseorang di masa lalu.

Adaptasi bencana adalah serangkaian upaya atau cara manusia untuk bertahan hidup dengan melakukan penyesuaian lingkungan.

Dalam buku materi Geografi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 202-204 kamu akan diajak melihat pengertian dan jenis-jenis adaptasi pada bencana alam.

Pola adaptasi muncul dalam berbagai bentuk yang bisa dilihat ketika manusia mengubah perilakunya sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar.

Hal ini berkaitan dengan perilaku manusia yang bisa mengubah perilakunya sesuai dengan kondisi lingkungan sekitarnya.

Manusia bisa merubah lingkungan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya, hal inilah yang memengaruhi kondisi masyarakat yang menentukan keragaman bentuk adaptasinya.

Adaptasi terhadap bencana perlu dilakukan mengingat kita tinggal di daerah rawan bencana yang akan membahayakan keberlangsungan hidup.

Kemampuan beradaptasi ditentukan oleh kapasitas, struktur pengambilan keputusan dalam masyarakat, dan ketersediaan teknologi.

Selanjutnya kamu akan diajak melihat adaptasi bencana alam gempa bumi, tsunami hingga gunung meletus.

Yuk, simak sama-sama seperti apa adaptasi terhadap bencana alam di atas di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Pengertian dan Aspek yang Memengaruhi Dinamika Bencana, Geografi Kelas 11