Find Us On Social Media :

Mitigasi Bencana Alam: Tsunami dan Letusan Gunung Berapi, Geografi Kelas 11 SMA

Mitigasi adalah salah upaya preventif untuk mengurangi dampak bencana alam.

GridKids.id - Pada artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Geografi Kelas 11 SMA kali ini kamu akan diajak mengenal tentang pengertian dan langkah mitigasi bencana.

Dalam buku materi Geografi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 196-198 kamu akan diajak melihat mitigasi tsunami dan gunung berapi.

Mitigasi bencana adalah serangkaian kegiatan (upaya, strategi, kebijakan, dan kegiatan lainnya) untuk mengurangi risiko bencana.

Proses mitigasi bencana bisa dilakukan dengan kegiatan penyuluhan, pembangunan fisik (sarana dan prasarana), dan peningkatan kemampuan (kapasitas) masyarakat menghadapi ancaman bencana.

Kegiatan mitigasi bencana mencakup berbagai bidang, khususnya ekonomi, sosial, pendidikan, dan politik. Mitigasi bencana punya beberapa tujuan, di antaranya:

1. Dampak kerugian bisa dikurangi, seperti kerugian nyawa, kerusakan lingkungan, hingga korban jiwa.

2. Pengetahuan tentang kondisi sebelum bencana, saat, dan pasca bencana bisa meningkat hingga masyarakat bisa bekerja dan hidup dengan aman.

3. Perancangan dan penyusunan kegiatan mitigasi bencana bisa dijadikan acuan untuk menyusun kebijakan pembangunan wilayah.

Nah, mitigasi bencana dibagi menjadi dua yaitu mitigasi struktural dan mitigasi non struktural.

Mitigasi struktural dilakukan lewat upaya pembangunan fisik atau pembangunan prasarana masyarakat dalam hal pengurangan risiko bencana.

Baca Juga: Pengertian dan Aspek yang Memengaruhi Dinamika Bencana, Geografi Kelas 11

Pembangunan juga bisa terwujud lewat pengembangan teknologi, sedangkan mitigasi non struktural bisa dilakukan dalam upaya penyadaran masyarakat atau memberikan pendidikan dalam mengurangi risiko bencana.