Find Us On Social Media :

Uji Kompetensi Materi PPKN Kelas 8: Tata Negara dan Pemerintahan

Indonesia saat ini menganut sistem pemerintahan Presidensil, dimana adanya pemisahan kekuasaan yaitu Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif

GridKids.id - Kids, sebelumnya kita sudah mempelajari fungsi dari lembaga penyelenggara negara dan sistem pemerintahan dalam menjalankan negara dalam materi PPKN Kelas 8.

Selain itu, kamu juga sudah tahu bagaimana membedakan tugas dan kewenangan pemerintahan pusat, provinsi, kabupaten dan kota.

Dalam hal itu Kids juga dapat menujukkan sikap displin mematuhi peraturan daerah sebagai bentuk pengalaman ajaran agama.

Tak hanya itu, setelah memahaminya diharapkan bisa menujukkan sikap berjiwa besar sebagai meneladani sikap para pemipin.

Nah, dalam uji kompetensi ini merujuk pada soal tata negara dan pemerintahan namun diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Soal dan kunci jawaban materi PPKN Kelas 8 Bab 3 halaman 68 pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman Kids tentang materi tersebut.

Uji Kompetensi

Cermatilah peristiwa-peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan.

1. Seorang ketua RT bersilang pendapat dengan para tokoh masyarakat di tempatnya perihal tata kelola iuran keamanan warga.

Sebagai pelaksana eksekutif di tingkat RT, ketua RT tersebut merasa lebih berhak untuk memutuskan dibanding para tokoh masyarakat.

Bila kalian dimintai pendapat, apa pendapat kalian sebagai solusi dari persoalan di atas? 

Baca Juga: PPKN Kelas 8: Perbedaan Sistem Pemerintahan Presidensial dan Parlementer