Find Us On Social Media :

Makna Lebaran dan Manfaat Saling Memaafkan di Hari Raya Idulfitri

Salah satu tradisi hari raya idul fitri yakni saling meminta maaf kepada teman dan kerabat. Saling memaafkan pun ada manfaatnya bagi kesehatan

GridKids.id - Momen Lebaran menjadi ajang untuk saling memaafkan dari hati dan membuat tali persaudaraan semakin erat.Namun sebenarnya, saling memaafkan seperti yang terjadi di momen lebaran bukan sekadar tradisi belaka. 

Tradisi ini juga memberikan manfaat sehat lahir batin.

Banyak riset membuktikan bahwa memaafkan memiliki manfaat kesehatan.Manfaat Memaafkan

1. Mengubah Emosi

Penelitian yang dilakukan psikolog dari Amerika, Everett L. Worthington, menemukan bahwa memaafkan bisa mengubah kondisi emosi kita.

Emosi juga berpengaruh signifikan pada kesehatan tubuh kita.

2. Membantu Manajemen Stres

Tak bisa memaafkan menumbuhkan perasaan marah, permusuhan, dan stres, yang tentunya berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik.

Sebuah studi yang diterbitkan pada April 2016 dalam jurnal Annals of Behavioral Medicine menemukan bahwa berapa pun usianya, orang yang mampu memaafkan mengalami penurunan persepsi terhadap stres yang dialami.

Baca Juga: Hidup Jadi Lebih Tenang, Ini 5 Manfaat Memaafkan Orang Lain

Kondisi ini juga bisa menyebabkan penurunan tekanan psikologis.

Worthington juga menambahkan bahwa stres bisa mempengaruhi sistem kekebalan pada tingkat sel, yang dapat menyebabkan kerusakan luas pada semua bagian tubuh.3. Meningkatkan Kesehatan jantung