Find Us On Social Media :

7 Unsur Iklan di Media Massa, Materi Kelas 5 SD Tema 9

Unsur-unsur iklan, materi kelas 5 SD tema 9.

GridKids.id - Pada pembahasan materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang iklan di berbagai media.

Dalam materinya terdapat pertanyaan, apa saja unsur-unsur iklan di media massa?

Untuk menjawab pertanyaannya, kamu harus membaca isi materinya seperti berikut ini!

Kids, iklan merupakan teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Terdapat beberapa unsur yang ditampilkan dalam sebuah iklan dan unsur ini berupa gambar, gerak, dan suara.

Iklan disampaikan lewat media massa seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan internet.

Selain itu, iklan juga dijadikan sebagai media untuk memberitahukan pada khalayak tentang barang atau jasa yang dijual.

Unsur-Unsur Iklan

Iklan adalah metode yang terbukti berhasil menjangkau pembeli. Iklan menarik memberikan dampak yang besar pula. 

Efek langsung iklan yakni peningkatan suatu penjualan atau setidaknya produk bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat.

Berikut adalah beberapa unsur iklan, yaitu:

Baca Juga: Pengertian Iklan Non Komersial Menurut Para Ahli dan Contohnya

1. Gambar yang Menarik

Untuk menambah daya tarik, maka iklan sebaiknya dibubuhi dengan gambar produk yang menarik.

Hal ini bertujuan agar makna dan maksud sebuah iklan bisa menarik dan bisa tersampaikan ke khalayak luas dengan baik

Oleh karena itu, saat membuat iklan produk, disarankan untuk menggunakan variasi gambar, teks, maupun video.

2. Keunggulan Produk

Selain menggunakan kalimat deskriptif dan persuasif, kalimat pada iklan juga harus menampilkan keunggulan produk secara rinci.

Hal ini dilakukan agar pembaca atau pembeli produk bisa memahami kelebihan dan kegunaan dari produk tersebut.

3. Nama Produk

Hal penting yang harus ada dalam sebuah iklan adalah nama produk. Alasannya, agar produk itu memiliki identitas diri. 

Biasanya nama produk harus memiliki keunikan dan terlihat menonjol. Hal ini dilakukan agar mudah dikenali oleh masyarakat.

Baca Juga: Iklan Komersial dan Nonkomersial: Pengertian dan Perbedaannya

Oleh karena itu, nama suatu produk yang diiklankan harus dipikirkan dan dipertimbangkan dengan baik.

4. Kalimat Iklan

Iklan baiknya menggunakan kalimat deskriptif. Artinya, kalimat itu bisa menggambarkan dengan jelas dan terperinci. 

Bahasa iklan biasanya lebih luwes dan mudah dipahami. Hal ini dilakukan agar masyarakat tertarik membeli produk itu. 

Agar lebih menarik lagi, biasanya juga menggunakan kalimat persuasif atau ajakan yang bertujuan untuk menarik perhatian pembaca.

5. Nomor Telepon

Nomor telepon juga perlu dicantumkan dalam iklan, agar calon pembeli atau konsumen bisa menghubungi apabila tertarik.

6. Alamat Pengiklan

Unsur selanjutnya yang dibutuhkan dalam sebuah iklan adalah alamat pengiklan yang lengkap, mencakup nama jalan.

Jadi, apabila ada calon pelanggan atau konsumen yang ingin membeli barang, bisa langsung datang tanpa perlu bingung.

7. Harga Produk

Baca Juga: Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Harga produk juga patut dicantumkan dalam iklan produk atau jasa yang akan dijual atau ditawarkan.

Harga produk ini dapat memudahkan konsumen untuk menentukan apakah produk ini sesuai dengan kebutuhannya atau enggak.

Nah, itu dia unsur-unsur yang terdapat pada iklan yang disampaikan lewat media massa.

Pertanyaan: Apa itu iklan?

Petunjuk: Cek di halaman 1

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.