Find Us On Social Media :

Kualitas Lingkungan dan Pentingnya Bagi Kehidupan, Geografi Kelas 11 SMA

Kualitas lingkungan yang kita tinggali memengaruhi kesehatan dan kelangsungan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Geografi Kelas 11 SMA kali ini akan membahas tentang kualitas lingkungan sebagai kebutuhan hidup.

Dalam buku materi Geografi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 120-123 membahas tentang pengertian kualitas lingkungan dan pentingnya bagi kehidupan.

Kualitas lingkungan hidup diartikan sebagai keadaan lingkungan yang bisa memberikan daya dukung optimal bagi kelangsungan hidup manusia pada suatu wilayah.

Kualitas lingkungan yang baik ditandai dengan suasana yang bisa membuat orang merasa nyaman tinggal di tempatnya sendiri.

Enggak hanya itu, terpenuhi berbagai kebutuhan hidup, mulai dari kebutuhan dasar atau utama seperti makanan, minuman, perumahan, hingga kebutuhan rohandi atau spiritualnya seperti pendidikan, rasa aman, dan sarana ibadahnya.

Daya dukung lingkungan harus selalu diperhatikan untuk menjaga kualitas lingkungan dalam kondisi yang baik.

Daya dukung lingkungan adalah ukuran kemampuan suatu lingkungan untuk mendukung kelompok atau populasinya dari beragam jenis makhluk hidup tertentu untuk hidup dalam lingkungan tertentu.

Lingkungan ini berupa lahan, kawasan tertentu, atau ekosistem tertentu, seperti sawah, perkebunan, hutan, rawa, sungai, danau, pantai, desa, kota, permukiman, hingga kawasan industri.

Kualitas lingkungan hidup Indonesia menjadi salah satu isu penting di era modern seperti saat ini.

Lingkungan yang ada dalam tekanan berat yang berpotensi mengubah kondisi lingkungan, baik dampak pertumbuhan ekonomi atau peningkatan jumlah penduduk dalam Dinas Lingkungan Hidup.

Pemahaman tentang kualitas lingkungan hidup penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan untuk mengambil tindakan dan aksi nyata dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan.

Baca Juga: Pengertian Lingkungan, Ekosistem, dan Etika Lingkungan, Geografi Kelas 11 SMA