Find Us On Social Media :

10 Tips Mengatasi Kurang Serat Selama Puasa, Tak Hanya Makan Sayur

Kurang makan sayur dan asupan berserat lainnya selama berpuasa bisa menyebabkan sembelit yang mengganggu. Bagaimana tips mengatasinya?

GridKids.id - Kids, bagimu yang menjalankan ibadah puasa selama Ramadan tentunya ada perubahan pola makan dalam keseharianmu, ya.

Banyak orang yang mungkin kekurangan serat selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Ketika kurang serat berlarut-larut maka bisa muncul masalah kesehatan pada pencernaanmu, nih.

Jika pencernaan bermasalah selama berpuasa bisa jadi ada kendala-kendala yang mengganggu ibadah puasamu, Kids.

Banyaknya beragam asupan yang rendah serat tapi tinggi gula, garam, dan minyak selama lebaran bisa menyebabkan pencernaan jadi enggak lancar, lo.

Beberapa masalah kesehatan yang bisa kamu alami jika kekurangan serat selama berpuasa misalnya sembelit hingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Ketika kamu mengalami sembelit tentunya perutmu jadi terasa enggak nyaman dan begah, bisa jadi kamu jadi kesulitan bergerak bebas karena rasa enggak nyaman ini, Kids.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya terhindar dari kekurangan asupan serat selama bulan Ramadan, di antaranya:

Tips Mengatasi Kurang Serat Selama Berpuasa

1. Konsumsilah makanan yang kaya kandungan serat seperti buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, juga biji-bijian.

2. Makan buah-buahan seperti pisang, pir, apel yang punya kandungan serat larut.

Kandungan serat ini diketahui bisa membantu menjaga kesehatan usus dan melancarkan sistem pencernaanmu selama bulan puasa.