Find Us On Social Media :

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Gerd dan Maag Serta Cara Pengobatannya

Maag dan GERD sering dikenal sebagai penyakit lambung yang sangat mengganggu aktivitas. Rasa nyeri di perut yang membuat mual dan jantung berdegup kencang

GridKids.id - Banyak orang yang belum bisa membedakan penyakit maag dan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Kendati keduanya masih berkaitan dengan asam lambung, tapi kondisi keduanya berbeda, lo.

Apa yang menjadi perbedaan sakit maag dan GERD? 

Perbedaan GERD dan Maag

GRED

GERD adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu perubahan mukosa yang diakibatkan oleh gangguan sistem saluran pencernaan, di mana asam lambung dan isi perut mengalir kembali ke kekerongkongan (esofagus). 

Aliran balik atau refluks ini dapat menyebabkan kamu merasakan sensasi perih dan panas seperti terbakar di bawah tulang dada atau dikenal dengan istilah heartburn.

Penyakit ini sebenarnya umum terjadi pada pencernaan manusia, namun jika dibiarkan maka dapat memperburuk kesehatan saluran cerna hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Penyebab GERD

GERD disebabkan akibat melemahnya sfingter esofagus atau otot-otot pembatas antara kerongkongan dan lambung sehingga menyebabkan refluks (aliran balik) atau naiknya isi dan asam lambung ke saluran esofagus (kerongkongan).

Paparan asam lambung yang berulang-ulang naik ke esofagus akan mengakibatkan iritasi pada lapisan esofagus atau kerongkongan.

Baca Juga: Penyandang GERD Harus Tahu, Ini 5 Dampak Negatif Tidur Setelah Sahur