Find Us On Social Media :

Disebut Planet Biru, Apa Saja Warna Bumi Jika Diamati dari Angkasa Luar?

Planet Bumi sebagai satu-satunya planet dengan kehidupan di tata surya terlihat berwarna biru jika diamati dari angkasa luar.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa Bumi bisa terlihat sangat hidup dibanding planet tata surya lainnya?

Meski secara harfiah Bumi adalah satu-satunya planet dengan kehidupan yang sangat beragam, warna Bumi yang terlihat dari angkasa luar memang membuat planet ini tampak hidup.

Tahukah kamu bahwa planet Bumi yang kita semua tinggali disebut dengan planet biru?

Penamaan atau julukan ini disematkan pada planet Bumi karena ketersediaan air yang sangat melimpah di permukaannya.

Astronot dari Rusia bernama Yuri Gagarin adalah manusia pertama yang melakukan perjalanan ke angkasa luar pada 12 April 1961 silam.

Dalam sebuah saluran radio, Yuri Gagarin melaporkan pengamatannya pada planet Bumi yang saat itu terlihat biru di matanya.

Bagi penduduk Bumi, melihat air dalam bentuk cair bukan hal yang aneh karena hampir di seluruh pelosok Bumi kita bisa menemukan air.

Namun, air dalam bentuk cair yang biasa bagi kita merupakan sesuatu yang langka di tata surya, lo, Kids.

Bumi adalah satu-satunya planet yang ditemukan air dalam jumlah sangat banyak dan luas melebihi jumlah populasi manusianya.

Studi yang dilakukan oleh Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), 72% bagian Bumi tertutup oleh air namun 97% di antaranya berupa air asin yang enggak bisa dikonsumsi atau diminum.

Lalu, bagaimana penjelasan tentang Bumi yang berwarna Biru ketika dilihat dari angkasa luar?

Baca Juga: Apakah Oksigen untuk Para Astronaut di Ruang Angkasa Dibawa dari Bumi?