Find Us On Social Media :

Cocok untuk Berbuka Puasa, Kenali Yogurt dan Manfaatnya

Mengonsumsi yoghurt secara rutin selama bulan puasa dapat membantu kamu menjaga kadar kolesterol

GridKids.id - Yogurt adalah salah satu makanan sehat yang baik untuk berbuka puasa.

Makanan yang terbuat dari susu ini mengandung bakteri baik jenis Lactobacillus bulgaricus, Streptococcus thermophilus, lactobacilli, atau bifidobacteria.

Bakteri baik dalam yogurt mampu mengubah gula alami dalam susu yang disebut laksosa, menjadi asam laktat yang membuat susu mengental dan menghasilkan rasa asam yang khas.

Yogurt juga mengandung banyak kalsium, vitamin B, vitamin B12, riboflavin, fosfor, magnesium, dan kalium.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, yogurt baik untuk kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut alasan mengapa yogurt mampu membantu menjaga kadar kolesterol tubuh selama berpuasa:

1. Mengandung probiotik dan bakteri baik

Kandungan probiotik dalam yogurt mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.Probiotik adalah bakteri baik yang dapat mengurangi kadar kolesterol dengan cara menghambat proses reabsorpsi empedu dan absorbsi kolesterol.Fungsi ini juga didukung dengan kandungan lactobacillus dan bifidobacterium lactis yang menurunkan kolesterol dengan cara memecah asam empedu dan meningkatkan pembuangannya.

Dengan meningkatnya pembuangan asam empedu, maka kadar kolesterol dalam darah juga akan ikut menurun.

Baca Juga: Termasuk Makanan Probiotik, Ini 4 Khasiat Mengonsumsi Yogurt Selama Puasa

 2. Kadar kolestrol baik (HDL) dalam tubuh

HDL kolesterol yang berfungsi untuk membersihkan kelebihan kolesterol jahat dalam darah dan membawanya kembali ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh.Tak hanya itu, sejumlah penelitian menyebutkan HDL juga mampu mencegah kerusakan dinding pembuluh darah akibat penumpukan lemak sehingga mencegah dari risiko penyakit jantung, aterosklerosis, dan stroke.