Find Us On Social Media :

Jenis-Jenis Barang Tambang Berdasarkan Wujudnya, Geografi Kelas 11 SMA

Indonesia merupakan negara yang dilalui jalur ring of fire sehingga material magma di perut Buminya menghasilkan berbagai materi tambang.

GridKids.id - Belajar dari Rumah (BDR) Materi Geografi Kelas 11 kali ini masih membatas tentang potensi sumber daya alam di Indonesia.

Dalam buku materi Geografi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 35-40 akan membahas tentang potensi SDA di sektor tambang.

Indonesia adalah salah satu negara yang terletak di kawasan "Ring of Fire" yang ada di pertemuan Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik yang punya banyak gunung berapi.

Magma yang keluar dari perut Bumi dari wilayah Ring of Fire memiliki kandungan logam berharga.

Nah, Indonesia punya salah satu negara dengan potensi bahan tambang yang melimpah.

Pertambangan adalah kegiatan pengambilan endapan bahan galian berharga dan bernilai ekonomis dari dalam kulit Bumi, baik secara mekanis atau manual yang terletak di permukaan, di bawah permukaan Bumi, dan di bawah permukaan air.

Pertambangan jadi salah satu sumber daya alam yang menguntungkan bagi negara, terbagi jadi tiga golongan, yaitu golongan A,B, dan C.

Bahan galian A adalah bahan strategis yang berfungsi untuk pertahanan, keamanan, dan perekonomian negara seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

Bahan galian B merupakan bahan vital karena untuk menjamin kepentingan hidup orang banyak seperti besi, mangan, tembaga, dsb.

Bahan galian C adalah bahan yang enggak termasuk dalam bahan galian A dan B, dengan mudah untuk didapatkan seperti marmer, pasir, pasir kuarsa, dsb.

Lalu, apa sajakah jenis-jenis barang tambang berdasarkan wujudnya?

Baca Juga: Jenis Barang Tambang dan Pemanfaatannya, IPA Kelas 5 SD Tema 6