Find Us On Social Media :

Mengenal Perbedaan Peradaban Mesopotamia dan Babilonia

Mesopotamia diawali dengan tumbuhnya peradaban yang diyakini sebagai pusat peradaban tertua di dunia oleh bangsa Sumeria.

GridKids.id - Kids, pernah dengar istilah Mesopotamia atau Babilonia enggak?

Kedua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda.

Dikutip dari Live Science, Mesopotamia diartikan sebagai suatu wilayah. Sedangkan Babilonia adalah sebuah kota kuno yang berada di dalam wilayah Mesopotamia.Perbedaan kedua yang paling menonjol adalah, Mesopotamia berkaitan dengan sebuah peradaban yang hadir di masa Yunani kuno.

Sedangkan Babilonia kembali lagi sebuah kota yang dikembangkan oleh peradaban itu.

Mesopotamia 

Kata Mesopotamia adalah nama Yunani kuno yang sering diterjemahkan sebagai "tanah di antara dua sungai".

Sungai tersebut yaitu Efrat dan Tigris, keduanya berasal dari Turki timur dan mengalir ke selatan ke Teluk Persia.

Lorenzo Verderame, seorang profesor Assyriology di Universitas Sapienza Roma, Italia menjelaskan istilah Mesopotamia mengarah pada bagian wilayah Suriah timur laut dan kemudian daerah Sungai Tigris dan Efrat.Namun kini diketahui Mesopotamia berhubungan dengan beberapa negara seperti Irak, Suriah timur, Turki tenggara, sebagian Iran barat dan negara Kuwait.Karena berada di aliran Sungai Efrat dan Tigris, wilayah Mesopotamia sering banjir.

Baca Juga: 7 Dewa-Dewi dalam Mitologi Mesopotamia, Peradaban Paling Awal di Asia Barat

Namun dampaknya tanah daerah tersebut jadi subur bahkan kaya akan nutrisi.Sejak penemuan itu, Mesopotamia dikenal sebagai rumah dari beberapa kota dan kerajaan yang paling awal diketahui.

Seperti bangsa Sumeria yang hadir pada tahun 4000 SM.Bangsa Sumeria tinggal di wilayah Mesopotamia tepatnya di wilayah Irak timur.

Di kota mereka dibangun beberapa kuil yang menjulang tinggi, memiliki bahasa, membangun irigasi bahkan mempunyai dewa untuk disembah.Hingga pada akhirnya bangsa Sumeria mengalami kemunduran.