Find Us On Social Media :

Kenapa Bunga Titan Arum Mengeluarkan Aroma Busuk? #AkuBacaAkuTahu

Amorphophallus titanum atau bunga bangkai.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu melihat bunga titan arum?

Titan arum yang punya nama ilmiah Amorphophallus titanum adalah bunga raksasa yang banyak ditemukan di wilayah Bengkulu.

Titan Arum merupakan flora dilindungi dengan status konservasi Rentan (Vulnerable/VU) berdasarkan International Unions for Conservation for Nature (IUCN).

Menurut buku berjudul Fakta Keunikan Tumbuhan oleh Oktavian Kasih Kumala Dewi (2020), perlindungan terhadap bunga Titan Arum disebabkan karena proses perkembangbiakannya yang sulit terjadi.

Proses pematangan benang sari dan putik tanaman berukuran sangat besar ini enggak terjadi secara bersamaan seperti kebanyakan bunga lainnya.

Bunga yang berukuran sangat besar ini bisa ditemukan di dataran rendah yang punya iklim tropis dan subtropis, seperti di Afrika, Kepulauan Pasifik, juga di Indonesia.

Bunga ini punya daun dan batang yang tumbuh menjulang hingga setingga empat meter dengan aroma berbau busuk yang menyengat.

Bau menyengat ini dimanfaatkan untuk menarik perhatian serangga untuk mendekat ke bunga ini dan membantu proses penyerbukannya.

Aroma busuk yang menguar dari bunga Titan Arum disebut berasal dari kandungan senyawa kimia yang ada di dalamnya.

Hal ini diungkap oleh sebuah penelitian ilmuwan dari Kew Gardens, London, yang mengungkap bahwa senyawa kimia pada bunga Titan Arum sama seperti senyawa yang terdapat pada keringat dan kotoran manusia.

Lalu, apa sajakah yang perlu kamu ketahui tentang bunga Titan Arum, si bunga bangkai ini?

Baca Juga: Jadi Bunga Terbesar di Dunia, Ini 5 Fakta Unik Rafflesia Arnoldii