Find Us On Social Media :

15 Pasal Perwujudan Human Rights dalam Konvensi Hak Anak PBB

Anak-anak memiliki hak asasi manusia yang harus dipenuhi dan diwujudkan oleh pemerintah dan orang dewasa. Apa sajakah itu?

GridKids.id - Human rights atau hak asasi manusia adalah hak yang dimiliki oleh manusia karena manusia hidup dan ada.

Human rights ada dalam diri manusia sejak awal kehidupan hingga akhir hidup dan kematiannya.

Human rights enggak bisa ditambah atau diberikan pada pihak lainnya karena menjadi sesuatu yang melekat pada diri manusia.

Nah, kali ini kamu akan diajak melihat human rights untuk anak-anak yang mengadopsi konvensi PBB untuk Hak-Hak Anak.

Konvensi ini mengatur berbagai hal yang harus dilakukan negara supaya anak-anak bisa tumbuh sesehat mungkin, mendapat pendidikan terbaik, terlindungi, didengar suara dan pendapatnya, juga mendapatkan perlakuan yang adil.

Dilansir dari laman unicef.org, berikut ini adalah Human Rights berdasar Konvensi Hak Anak PBB yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

Human Rights Konvensi Hak Anak PBB

1. Anak adalah semua orang yang berusia di bawah 18 tahun dan memiliki semua hak yang disebutkan dalam Konvensi ini (Pasal 1)

2. Anak-anak harus dilindungi dari segala jenis diskriminasi terhadap dirinya atau diskriminasi yang diakibatkan oleh keyakinan atau tindakan orangtua atau anggota keluarga lain (Pasal 2)

3. Semua tindakan dan keputusan yang diambil menyangkut anak harus memerhatikan kepentingan terbaik untuk anak (Pasal 3)

4. Pemerintah harus membantu keluarga melindungi hak-hak anak dan menyediakan panduan sesuai tahapan usia supaya anak bisa belajar dan mewujudkan potensi diri secara penuh (Pasal 5)

Baca Juga: 4 Golongan Hak-Hak Anak Menurut Konvensi PBB, Salah Satunya Kebebasan Berpendapat