Find Us On Social Media :

Media Sosial: Pengertian dan Perkembangannya, Informatika Kelas 7 SMP

Media sosial adalah teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan manusia berinteraksi secara enggak langsung.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 8 masih membahas tentang Dampak Sosial Informatika.

Dalam buku materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 8 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 229-231 membahas tentang media sosial.

Media sosial merupakan salah satu teknologi yang dihasilkan dari perkembangan revolusi komputasi.

Media sosial merupakan media interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi, menuliskan ide dan ekspresi juga membagikan informasi itu ke komunitas virtual.

Komunitas virtual itu berjalan di atas jaringan komputer atau internet yang disebut dengan produk web 2.0, di mana pengguananya bisa menciptakan kontennya sendiri.

Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein memiliki definisi tertentu tentang media sosial, yaitu sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran konten yang dibuat sendiri oleh pengguna.

Media sosial pertama kali ditemukan sejak dibuatnya GeoCities, yaitu aplikasi media sosial berbasis web yang dibuat pada 1994.

Aplikasi GeoCities ini mengembangkan layanan website hosting di mana pengguna bisa membuat dan mempublikasikan situs web sesuai kreasi pengguna.

Pada tahun 1995, aplikasi classmates dikembangkan, yaitu aplikasi layanan jejaring sosial yang awalnya digunakan untuk membantu penggunanya mencari teman sekolah dan kuliah.

Aplikasi ini lalu berkembang jadi berbagai konten yang lebih menarik, pembuatan buku tahunan sekolah berbagi trailer film, musik, dan foto.

Lalu, seperti apa perkembangan media sosial dari waktu ke waktu?

Baca Juga: Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Informatika Kelas 7 SMP

Perkembangan Platform Media Sosial

Sosial media berkembang dengan kehadiran sixdegrees.com pada 1997, ketika itu sudah ada fitur profil, daftar teman, hingga afiliasi sekolah untuk penggunanya.

Aplikasi chat juga mulai banyak berkembang pada era ini dengan adanya ICQ, AIM, IRC, dan iChat.

Open Diary merupakan aplikasi jejaring sosial berikutnya akan dikembangkan pada 1998.

Aplikasi tersebut merupakan komunitas buku harian daring (online diary) yang pada 2008 punya 561.000 diary dari 77 negara dan 7 benua.

Open Diary merupakan fitur utama pada situs jejaring sosial saat ini yang mencakup komentar pembaca dan privasi konten yang hanya diperuntukkan untuk teman.

Selanjutnya, mulai dikembangkan LiveJournal pada 1999, Ryze pada 2001, dan Friendster dan Linkedin pada 2003.

Friendster memiliki basis user terbanyak di Asia Tenggara, termasuk user Indonesia yang masih menggunakannya hingga 2012.

Generasi selanjutnya yaitu hi5 (juni 2003), MySpace (Agustus 2003), dan Orkut (Januari 2004), dan Facebook (2004).

Facebook buatan Mark Zuckerberg awalnya hanya digunakan oleh mahasiswa Harvard tapi, seiring perkembangannya mulai digunakan oleh kalangan universitas di Amerika hingga ke seluruh dunia.

Pada 2006, Facebook bisa diakses oleh penggunanya yang berumur di atas 13 tahun dan pada 2011, facebook menjadi situs yang paling banyak diakses selain Google.

Baca Juga: Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Informatika Kelas 7 SMP

Pada 2005, Youtube muncul disusul dengan Yahoo!360 (Maret 2005) dan Bebo (Juli 2005) disusul Twitter (Juli 2006).

Setelah Twitter dibuat disusul dengan Tumblr yang mirip blog (2007), disusul dengan Instagram (Juli 2010) juga Google+ (Juli 2011) hingga perkembangan-perkembangan lain.

Pertanyaan:
Sebutkan pengertian media sosial menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein!
Petunjuk, cek lagi page 1.

 ----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.