Find Us On Social Media :

Media Sosial: Pengertian dan Perkembangannya, Informatika Kelas 7 SMP

Media sosial adalah teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan manusia berinteraksi secara enggak langsung.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 8 masih membahas tentang Dampak Sosial Informatika.

Dalam buku materi Informatika Kelas 7 SMP Bab 8 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 229-231 membahas tentang media sosial.

Media sosial merupakan salah satu teknologi yang dihasilkan dari perkembangan revolusi komputasi.

Media sosial merupakan media interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi, menuliskan ide dan ekspresi juga membagikan informasi itu ke komunitas virtual.

Komunitas virtual itu berjalan di atas jaringan komputer atau internet yang disebut dengan produk web 2.0, di mana pengguananya bisa menciptakan kontennya sendiri.

Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein memiliki definisi tertentu tentang media sosial, yaitu sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran konten yang dibuat sendiri oleh pengguna.

Media sosial pertama kali ditemukan sejak dibuatnya GeoCities, yaitu aplikasi media sosial berbasis web yang dibuat pada 1994.

Aplikasi GeoCities ini mengembangkan layanan website hosting di mana pengguna bisa membuat dan mempublikasikan situs web sesuai kreasi pengguna.

Pada tahun 1995, aplikasi classmates dikembangkan, yaitu aplikasi layanan jejaring sosial yang awalnya digunakan untuk membantu penggunanya mencari teman sekolah dan kuliah.

Aplikasi ini lalu berkembang jadi berbagai konten yang lebih menarik, pembuatan buku tahunan sekolah berbagi trailer film, musik, dan foto.

Lalu, seperti apa perkembangan media sosial dari waktu ke waktu?

Baca Juga: Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Informatika Kelas 7 SMP