Find Us On Social Media :

10 Pengaruh Liberalisme bagi Masyarakat Asia-Afrika di Berbagai Bidang

Salah satu ideologi yang berkembang di dunia adalah liberalisme.

GridKids.id - Salah satu ideologi yang berkembang di dunia adalah liberalisme.

Secara etimologis, istilah liberalisme berasal dari bahasa Latin, 'libertas' atau 'liberty' dalam bahasa Inggris yang berarti kebebasan.

Menurut KBBI, liberalisme adalah aliran ketatanegaraan dan ekonomi yang menghendaki demokrasi dan kebebasan pribadi untuk berusaha dan berniaga.

Melansir dari kompas.com, liberalisme adalah suatu paham yang saling menguntungkan dan mengutamakan kerja sama, kebebasan dan akal pikiran, serta yakin bahwa kedua hal tersebut bisa mengalahkan keinginan untuk bersaing mementingkan diri sendiri.

Nah, sederhananya ideologi liberalisme diartikan sebagai suatu ideologi atau paham yang menghendaki adanya kebebasan individu di berbagai bidang, seperti ekonomi, politik, ilmu pengetahun, agama, kebudayaan, dan sebagai warga negara.

Kebebasan yang dimaksud ialah kebebasan untuk bertempat tinggal, kemerdekaan pribadi, dan hak untuk mendapatkan perlindungan, serta hak milik.

Diketahui paham ideologi dilakukan oleh kaum bangsawan dan agamawan pada masa perkembangan feodalisme dengan pemerintahan monarki absolut, Kids.

Kaum borjuis dan kaum-kaum terpelajar kota merupakan pendukung utama paham liberal, ya.

Liberalisme sebagai suatu gerakan dimulai pada masa Renaissance yang bertujuan memperjuangkan kebebasan manusia dari gereja atau agama.

Pada saat itu, kekuasaan raja, bangsawan, dan gereja mendominasi seluruh kehidupan masyarakat.

Hal ini menyebabkan rakyat enggak memiliki kebebasan dalam berpendapat dan bertindak.

Baca Juga: 4 Paham yang Memengaruhi Pergerakan Nasional di Indonesia