Find Us On Social Media :

IPS Kelas 11 SMA: Pengertian Kebijakan Fiskal, Tujuan hingga Jenisnya

Kebijakan Fiskal merupakan suatu kebijakan ekonomi yang dibuat oleh pemerintah untuk mengarahkan perekonomian dengan perubahan pengeluaran harga barang atau jasa

GridKids.id - Kids, kita sudah membahas kebijakan moneter hingga instrumennya. Selanjutnya kita akan membahas kebijakan fiskal. 

Meskipun keduanya termasuk dalam kebijakan pemerintah dalam ranah ekonomi makro, tetapi aplikasi atau penerapannya berbeda satu sama lain.

Kebijakan fiskal merupakan upaya pemerintah untuk memengaruhi perekonomian secara makro melalui sistem penerimaan dan belanja negara.

Komponen penerimaan diantaranya diperoleh melalui pajak dan hibah sedangkan komponen pengeluaran meliputi pengeluaran konsumsi pemerintah dan pembayaran transfer.

Pengertian Kebijakan Fiskal Menurut Para Ahli

Mankiw

Kebijakan fiskal adalah aktivitas pemerintah terkait upaya (pengumpulan) penerimaan negara dan membelanjakannya.

Sadono Sukirno

Kebijakan fiskal adalah langkah-langkah pemerintah untuk membuat perubahan-perubahan dalam sistem pajak atau dalam perbelanjaannya dengan maksud untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi yang dihadapi.

Bisa disimpulkan, kebijakan fiskal adalah suatu strategi atau kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah demi menjaga pemasukan dan pengeluaran keuangan negara.

Tujuan Kebijakan Fiskal

Baca Juga: IPS Kelas 11 SMA: Pengertian Kebijakan Moneter, Jenis hingga Tujuan