Find Us On Social Media :

Jawab Pertanyaan Geografi 10 SMA: Bagaimana Interaksi Antarsfera Memengaruhi Manusia?

Manusia merupakan bagian dari sfera yang lainnya.

GridKids.id - Kids, pada artikel ini GridKids akan menjawab pertanyaan dan mempelajari materi Geografi kelas 10 SMA buku Kurikulum Merdeka.

Nah, berdasarkan buku tersebut, kita akan menjawab pertanyaan yaitu 'Bagaimana interaksi antarsfera memengaruhi manusia?', ya.

Istilah 'sfera' berasal dari bahasa Portugis yaitu 'esfera' yang berarti objek bulat geometri yang sempurna seperti bola.

Nah, sfera diartikan sebagai lapisan yang ada pada bumi, terletak pada permukaan, di atas permukaan, dan di bawah permukaan bumi.

Diketahui sfera meliputi atmosfer, lapisan air, tanah, batu, dan ruang.

Tahukah kamu? Manusia merupakan bagian dari sfera yang lainnya.

Hal ini berkaitan dengan hubungan timbal balik manusia dengan lingkungannya atau sfera yang lain, ya.

Fenomena geosfer merupakan peristiwa yang terjadi di permukaan bumi, seperti atmosfer (selubung gas), litosfer (batuan), pedosfer (tanah), biosfer (organisme hidup), hidrosfer (air), dan antroposfer (manusia).

Manusia dalam ranah geografi mencakup penduduk, kepadatan penduduk, persebaran penduduk, kelahiran, kematian, pertumbuhan, perpindahan penduduk, dan masih banyak lagi.

Bahkan perilaku manusia dalam merespon lingkungannya seperti pemukiman dan tempat tinggal berdasarkan wilayah desa-kota, dataran tinggi-dataran rendah juga termasuk kajian geografi, lo.

Untuk mengetahui interaksi antarsfera memengaruhi manusia, simak informasi berikut ini.

Baca Juga: Kunci Jawaban Geografi SMA Kelas 10: Bagaimana Cara Membaca Peta Topografi?