Find Us On Social Media :

Tubuh Menggigil, Benarkah Respons Alami Tubuh Hadapi Perubahan Suhu?

Ketika suhu sekitar menurun dan terasa dingin, tubuh akan menunjukkan respon alami dengan menggigil. Ketika itu otot-otot di tubuh akan berkontraksi secara cepat dan berulang-ulang.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa tubuh manusia merespon perubahan suhu rendah di sekitarnya dengan menggigil?

Menggigil merupakan respons alami tubuh untuk menghasilkan panas ketika cuaca di sekitar seseorang berubah menjadi dingin.

Dilansir dari laman alodokter.com, tubuh yang menggigil bisa terjadi karena otot-otot dalam tubuh berkontraksi secara cepat dan berulang-ulang selama beberapa waktu.

Intinya tubuh seseorang akan menggigil sebagai upaya untuk mengembalikan suhu tubuh seseorang ke suhu normalnya.

Enggak hanya berkaitan dengan perubahan suhu sekitar yang menjadi dingin, tubuh yang menggigil bisa terjadi ketika tubuh sedang terserang kondisi medis tertentu, seperti infeksi virus atau bakteri yang memicu terjadinya peradangan atau inflamasi.

Ada beberapa kondisi medis dan infeksi tertentu yang bisa memicu tubuh jadi menggigil, misalnya flu, radang tenggorokan, infeksi saluran kemih (ISK), malnutrisi, kadar gula darah rendah, reaksi ketakutan hingga aktivitas fisik yang ekstrem.

Suhu lingkungan yang menurun di bawah kenyamanan seseorang bisa memicu tubuh seseorang jadi menggigil, nih, Kids.

Menggigil bisa dibilang sebagai cara alami tubuh untuk menghangatkan diri secara alami, meski enggak akan berjalan terlalu lama.

Setelah beberapa jam, otot akan kehabisan glukosa sebagai bahan bakar, sehingga otot akan terlalu lelah untuk terus berkontraksi sehingga akan perlahan jadi lebih rileks.

Kepekaan terhadap suhu dingin bisa terus berubah dan berkembang seiring pertambahan usia dan bisa juga dipicu masalah kesehatan.

Beberapa orang yang mudah merasa kedinginan sebaiknya memastikan tersedianya beberapa kebutuhan medis seperti minyak kayu putih, koyo atau patch hangat, hingga baju hangat untuk menghindari tubuh jadi menggigil.

Baca Juga: 7 Pertolongan Pertama Ketika Badan Menggigil, Perhatikan Sirkulasi Udara