Find Us On Social Media :

10 Fakta Menarik Ikan Buntal, Bisa Menggembung Ketika Terancam Bahaya #AkuBacaAkuTahu

Ikan buntal adalah salah satu spesies ikan dengan racun paling mematikan di dunia. Ikan ini bisa membesar seperti bola ketika merasa terancam bahaya.

GridKids.id - Kids, kamu mungkin sudah enggak asing dengan ikan fugu yang bulat dan terlihat menggemaskan.

Ikan fugu atau ikan buntal memiliki nama latin Tetraodontidae ternyata merupakan salah satu ikan paling beracun di dunia, lo.

Bentuk asli ikan buntal sebenarnya lebih kecil dan terlihat normal ketimbang ketika sedang mengembang dan bulat seperti akan meledak.

Bentuk menggembung ini hanya akan muncul ketika ikan buntal ini menghadapi situasi bahaya seperti keberadaan predator.

Perut ikan buntal yang elastis akan terisi sejumlah besar air dan udara yang membuat tubuhnya jadi berkembang beberapa kali lebih besar dari ukuran normalnya.

Tahukah kamu bahwa ada sekitar 120 jenis spesies yang tersebar di seluruh dunia, sebagian bisa ditemukan di laut tropis dan subtropis.

Namun, beberapa spesies ikan buntal juga ditemukan di perairan payau bahkan air tawar.

Semakin cerah warna ikan buntal maka semakin beracun ikan itu, namun beberapa ikan buntal berwarna pucat yang bisa berbaur dengan lingkungannya juga tetap perlu diwaspadai.

Ikan buntal merupakan ikan tanpa sisik tapi berkulit kasar hingga cukup runcing untuk melukai jika bersentuhan dengan ikan ini.

Ikan buntal memiliki empat buah gigi yang menyatu satu sama lain dan membentuk sebuah paruh.

Lalu, apa saja fakta menarik dari ikan buntal (blowfish) yang dikenal sebagai salah satu ikan dengan racun paling mematikan di dunia?

Baca Juga: Tak Hanya Ikan Buntal, Inilah 7 Hewan Paling Berbahaya di Dunia