Find Us On Social Media :

Materi Bahasa Indonesia, Penggunaan Kata Ijin atau Izin yang Benar ?

Ketika menyusun sebuah essay perlu teknik penulisan yang baik dan efektif ketika menyampaikan ide tentang tema tertentu.

GridKids.id - Masih membahas kata baku, kira-kira kata yang baku apakah izin atau ijin?

Tadi sudah kita bahas, kata baku adalah kata yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa yang telah ditetapkan.

Kata ijin adalah kata yang tidak baku. Sementara izin adalah kata baku.

Kata Izin atau Ijin

Nah, setelah memahami esensi dari kata baku maupun tidak baku, maka saatnya Kids mengetahui yang benar itu kata izin atau ijin.

Kedua kata ini memiliki arti yang sama dan hanya beda penulisan saja.

Yang satu menggunakan huruf j, sementara yang lainnya menggunakan huruf z.Kata izin ini sifatnya baku dan formal serta sesuai dengan kaidah penulisan maupun pelafalan bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, Kids pasti sering menemukan kata izin di berbagai surat-surat penting dari instansi formal, seperti pemerintah, pendidikan, dan hukum.

Tetapi seiring berkembangnya waktu, orang-orang kerap melafalkan dan menuliskan kata izin menjadi ijin dan sebenarnya hal itu salah. Karena ijin adalah kata tidak baku dari izin.

Kata izin berarti pernyataan mengabulkan (tidak melarang dan sebagainya), persetujuan membolehkan, atau meminta izin.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Kata Baku dan Perbedaannya dengan Kata Tidak Baku

Selain kata ijin dan izin, bentuk baku dan tidak baku lainnya dalam bahasa Indonesia, antara lain jadwal dan jadual, jagad dan jagat, isyarat dan isarat, serta istri dan isteri.