Find Us On Social Media :

IPA Kelas 6: Pengelompokan Planet Berdasarkan Kedudukan Asteroid

Tata surya adalah kumpulan objek langit berupa planet yang mengitari Matahari sebagai bintang induk.

GridKids.id - Di materi sebelumnya kita sudah membahas soal satelit, kini kita akan mempelajari dan mengetahui pengelompokan planet.

Apa itu planet? Kata “planet” berasal dari bahasa Yunani. Berasal dari kata “planetai”. Kata tersebut memiliki arti “pengembara”.

Planet adalah salah satu bagian tata surya yang memiliki peran sangat penting. 

Pengertian planet secara umum, yaitu benda langit yang berputar mengelilingi matahari dengan lintasan dan kecepatan tertentu.

Dalam peredarannya, planet selalu bergerak mengelilingi matahari sesuai dengan lintasannya. Setiap planet di tata surya memiliki kala revolusi dan karakteristik yang berbeda

Tidak hanya sebagai bagian dari tata surya saja, tetapi planet juga bisa dijadikan tempat tinggal sebuah makhluk. Meskipun tidak semua planet dapat dijadikan tempat tinggal.

Bumi adalah salah satu dari planet. Planet yang menjadi tempat tinggal manusia.

Berdasarkan kedudukan Asteroid sebagai pembatasnya

Jika melihat lintasan asteroidnya, planet di tata surya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar.

Planet dalam

Planet dalam atau Inner planets, mengutip dari Universe Today, planet dalam merupakan planet yang orbitnya berada di bagian dalam lintasan asteroid, yakni dari matahari ke lintasan asteroid.

Baca Juga: 4 Lapisan Penyusun Bumi dan Karakteristiknya, IPA Kelas 8 SMP

Jika melihat jaraknya, dapat dikatakan yang termasuk dalam inner planets memiliki jarak yang lebih dekat ke matahari.