Find Us On Social Media :

10 Fakta Menarik Pesawat Terbang, dari Klakson hingga Rasa Makanannya

Pesawat terbang adalah salah satu moda transportasi yang dipergunakan untuk mempersingkat jarak tempuh jalur darat.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu melihat pesawat terbang yang sedang mengudara di langit yang biru?

Atau bahkan kamu sudah pernah bepergian dan ikut terbang menggunakan alat transportasi yang satu ini?

Dilansir dari laman aeroengineering.co.id, pesawat terbang merupakan sebuah mesin yang bisa terbang dengan memanfaatkan tumpuan udara atau atmosfer Bumi.

Pesawat terbang bekerja dengan cara melawan gaya gravitasi menggunakan gaya angkat yang dihasilkan karena gaya apung di udara.

Perbedaan tekanan udara di atas dan di bawah wahana itu berasal dari mesin pendorong yang diarahkan langsung ke bawah.

Selama pesawat lepas landas ke udara, tekanan udara yang sangat besar mencapai batas maksimal, sehingga berat lepas landas akan meningkat hingga satu ton.

Pesawat terbang pertama kali ditemukan oleh Wright bersaudara yang awalnya berhasil membuat pesawat terbang lebih berat dari udara dengan sayap tetap.

Pesawat ini bisa dikontrol geraknya dan bisa bertahan terbang di udara untuk pertama kalinya pada 17 desember 1903 di Kitty Hawk, North Carolina.

Ketika baru pertama kali ditemukan, sabuk pengaman untuk pilot baru dipasang setelah terjadi serangkaian kejadian fatal akibat enggak dipasangnya sabuk pengaman untuk para pilot yang jatuh dan meninggal akibat pesawat yang terbalik.

Lapisan terluar pesawat terbang hanya punya ketebalan 5 mm, dan rata-rata pesawat terbang punya lapisan setebal 19 cm yang memisahkan penumpang dari lapisan luar pesawatnya.

Dilansir dari beberapa sumber, kali ini GridKids akan mengajakmu melihat fakta-fakta menarik tentang pesawat terbang. Apa saja fakta menariknya, ya?

Baca Juga: Terinspirasi dari Mainan Helikopter, Ini Sejarah Diciptakannya Pesawat Terbang