Find Us On Social Media :

Cara Menyusun Sebuah Perencanaan Usaha, Materi IPS Kelas 11 SMA

Perencanaan Usaha

GridKids.id - Salah satu kunci sukses memulai usaha adalah adanya kemampuan menuangkan ide-ide atau gagasan kreatif dan inovatif. Hal tersebut bisa dituangkan dalam rencana bisnis.

Perencanaan usaha atau bisnis, umumnya mengenai apa yang dikerjakan dalam suatu bisnis ke depannya. 

Perencanaan usaha yang matang dapat mendatangkan keuntungan maksimal bagi pelaku usaha. Sementara perencanaan usaha yang keliru justru dapat membuat pelaku usaha rugi.Lalu bagaimana tahap perencanaan usaha yang tepat ? Simak penjelasannya.

Perencanaan usaha adalah proses penentuan visi, misi, hingga strategi yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha tertentu.

Dilansir dari buku Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (2016) oleh Suryanto, beberapa pengertian dari business plan atau rencana bisnis, sebagai berikut: 

Robbins dan Coulter 

Perencanaan usaha merupakan dokumen tertulis yang menjelaskan rencana perusahaan atau pengusaha untuk memanfaatkan peluang-peluang usaha yang terdapat di lingkungan eksternal perusahaan. 

Michael Miller 

Perencanaan usaha merupakan arahan keberlangsungan aktivitas perusahaan, yang meliputi deskripsi tujuan dan cara pencapaiannya.

Brian R Ford

Baca Juga: Pengertian Manajemen Usaha dan Fungsinya, Materi Ekonomi Kelas 11

Perencanaan usaha adalah suatu dokumen yang dirancang untuk merencanakan jalannya perusahaan dalam periode tertentu.