Find Us On Social Media :

Mengenal Proses Terjadinya Fenomena Gempa Bumi, Materi IPA Kelas 8 SMP

Gempa Bumi adalah salah satu fenomena bencana alam yang paling destruktif dan terjadi dari waktu ke waktu karena pergerakan lempeng.

GridKids.id - Pada Artikel Belajar dari Rumah (BDR) sebelumnya kamu sudah belajar bersama tentang pergerakan lempeng dan dampaknya pada keberadaan Benua.

Dalam buku materi IPA Kelas 8 SMP Bab 6 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 190-194 membahas tentang fenomena gempa bumi.

Gempa bumi merupakan bencana yang bisa membawa kerusakan besar, pada bangunan, jalan, jembatan, alam, dan bisa menyebabkan kerugian harta hingga nyawa.

Dalam setahun terjadi sekitar 10.000- 30.000 gempa bumi akibat pergerakan lempeng, secara konvergen, divergen, dan transform.

Ketebalan lempeng dan kekuatan akibat pergerakan lempeng itulah yang menyebabkan kerusakan pada lapisan kerak bumi yang kita tinggali.

Meski sangat sering terjadi tapi banyak juga gempa yang enggak terasa getaran karena skalanya yang kecil atau rendah.

Gempa bumi terjadi karena adanya gerakan lempeng bumi atau gempa tektonik, tapi bisa terjadi juga karena pergerakan magma dalam gunung berapi.

Pergerakan magma dalam gunung berapi terjadi karena adanya tekanan gas dan dikenal dengan istilah gempa vulkanik.

Peristiwa alam lain bisa menyebabkan gempa, yaitu tanah longsor yang menyebabkan gempa runtuhan.

Gempa juga bisa terjadi karena benda langit berukuran besar dan berat yang jatuh ke Bumi seperti meteorit dan asteroid yang dikenal dengan gempa tumbukan.

Selain itu, gempa bumi bisa dibuat oleh manusia jika menggunakan bahan peledak berskala besar untuk meruntuhkan bangunan tinggi yang disebut dengan gempa buatan.

Baca Juga: Penyebab Lempeng Bumi Bisa Bergerak, Materi IPA Kelas 8 SMP