Find Us On Social Media :

10 Fakta Menarik Nasi Langgi, Kuliner Nasi Khas Solo yang Kaya Cita Rasa

Nasi langgi adalah sajian nasi khas Solo, Jawa Tengah. Kuliner nasi ini dimasak menggunakan santan, rempah-rempah, dan asam Jawa.

GridKids.id - Kids, siapa nih di antara kamu yang pernah menyantap sajian tradisional nasi langgi?

Nasi langgi merupakan salah satu masakan khas daerah Solo, Jawa Tengah yang dibuat menggunakan rempah-rempah, santan kepala, dan asam Jawa.

Nasi langgi biasanya disajikan bersama dengan serundeng, telur dadar, potongan kentang, potongan daging, sambal ati, kerupuk, dan juga mentimun.

Meski populer di Solo, sebenarnya nasi langgi awalnya adalah makanan yang banyak ditemukan di kota Jember, Jawa Timur.

Dilansir dari laman goodnewsfromindonesia.id, sajian nasi langgi khas Jember disajikan bersama lauk pauk seperti daging sapi, sambal goreng tempe, sambal goreng kentang, petis, telur asin, abon sapi, dan dilengkapi juga dengan sambal.

Meski masih kalah populer dari sajian nasi liwet yang jadi trademark kota Solo, nasi langgi termasuk sajian yang lebih komplit jika dibandingkan dengan sajian nasi liwet yang disajikan dengan sayuran dan suwiran daging ayam saja.

Lalu, apa saja sih keistimewaan sajian nasi langgi yang disebut-sebut sajian kalangan bangsawan Solo ini?

Fakta Menarik Nasi Langgi, Kuliner Khas Solo

1. Nasi langgi merupakan sajian nasi tradisional yang sudah dikenal sejak era penjajahan.

2.Nasi langgi adalah salah satu sajian yang dimodifikasi dari kuliner khas keraton kasunanan Surakarta yang kala itu banyak disajikan untuk tamu yang datang ke istana.

3. Tampilannya akan mengingatkanmu pada nasi rames, namun dari segi cita rasa nasi langgi punya cita rasa yang dominan manis.

4. Istilah langgi sering dipelesetkan sebagai Jelang Pagi karena biasanya dijajakan pada waktu larut malam.

Baca Juga: Asal-Usul dan Filosofi Nasi Kuning, Sajian Syukuran yang Populer di Indonesia