Find Us On Social Media :

Cahaya dan Alat Optik: Indera Penglihatan Manusia, IPA Kelas 8 SMP

Mata manusia merupakan fotoreseptor yang menerima cahaya dan memungkinkan kita melihat warna dan bentuk di sekitar kita.

GridKids.id - Pada artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini masih membahas tentang materi IPA Kelas 8 SMP Bab 4 tentang indera penglihatan.

Indera penglihatan manusia adalah mata yang disebut sebagai fotoreseptor karena mata merupakan organ yang sangat peka terhadap keberadaan cahaya di sekitarnya.

Mata akan menerima gambaran atau informasi visual yang nantinya akan dibawa oleh otak dan diproses sebagai perintah atau respon selanjutnya,

Fungsi utama indera penglihatan adalah untuk melihat objek yang jaraknya jauh maupun dekat, hingga memantau kondisi di sekitar kita.

Cahaya akan melewati bagian depan mata atau kornea ke lensanya, bagian ini akan membantu memfokuskan cahaya ke bagian belakang mata atau retina.

Sel-sel di retina menyerap dan mengubah cahaya jadi impuls elektrokimia yang ditransfer sepanjang saraf optik yang menuju ke otak.

Dari sini kita semua tahu bahwa mata bekerja dengan cara yang sama seperti kamera yang biasa kamu gunakan untuk menangkap objek di sekitarmu.

Secara prinsip kita bisa melihat benda yang berwarna-warni karena ada cahaya tampak yang diterima oleh mata kita.

Cahaya tampak tersebut akan mengenai benda dan terpantul hingga menuju ke mata kita, menghasilkan warna-warna yang kita kenal seperti hijau, biru, dan lain sebagainya.

Jika enggak ada sumber cahaya di sekitar kita yang memungkinkan terjadi pemantulan ke mata kita, maka kita enggak akan bisa melihat apa pun, nih, Kids.

Warna-warna cahaya yang bisa kita lihat oleh mata sangat bergantung pada panjang gelombang dari gelombang cahaya yang masuk ke mata kita.

Baca Juga: Macam-Macam Gangguan Penglihatan pada Mata Manusia, Fisika Kelas 8 SMP