Find Us On Social Media :

Benarkah Alergi Serbuk Sari Bisa Picu Reaksi Biduran? Ini Penjelasannya

Alergi serbuk sari atau pollen allergy adalah salah satu jenis alergi akibat serbuk sari pada tanaman.

GridKids.id - Alergi serbuk sari disebut juga dengan pollen allergy berupa reaksi hipersensitivitas terhadap partikel serbuk sari yang terdapat di grasses, weeds, atau pohon yang menyebabkan gejala alergi hingga asma.

Alergi serbuk sari ini bisa muncul ketika sudah masuk ke era musim semi.

Alergi serbuk sari dalam bentuk hipersensitivitas tipe 1, ketika serbuk sari sebagai alergen yang berinteraksi dengan saluran pernapasan manusia.

Alergi serbuk sari bisa jadi salah satu jenis alergi yang cukup merepotkan karena orang yang mengalaminya bisa bersin-bersin tanpa henti.

Selain bersin-bersin, alergi serbuk sari menimbulkan gejala seperti gatal-gatal hingga mata berair.

Orang-orang yang punya riwayat alergi kulit bisa juga mengalami gangguan kesehatan yang bisa memunculkan ruam atau merah-merah pada kulit.

Alergi serbuk sari atau pollen allergy sering terjadi pada orang dewasa muda dan cukup jarang terjadi pada anak-anak.

Jenis alergi serbuk sari ini masuk dalam jenis rhinitis alergi, kondisi ini sering sekali berdampak pada kesehatan mata, hidung, dan tenggorokan.

Beberapa gejala yang muncul apabila alergi serbuk sari ini kambuh misalnya bersin-bersin, hidung meler atau tersumbat, mata gatal hingga berair.

Orang dengan reaksi alergi yang lebih parah bahkan bisa merasa tubuhnya terasa lelah dan lemah, hingga menunjukkan gejala mirip asma seperti batuk-batuk hingga mengi.

Lalu, benarkan alergi serbuk sari bisa menyebabkan munculnya ruam-ruam kulit?

Baca Juga: Meski Sehat, Inilah Pemicu Alergi Buah yang Bisa Dialami Siapa Saja