Find Us On Social Media :

Peringatan Hari Membaca Nyaring Sedunia, Apa Manfaatnya untuk Anak-Anak?

Rabu pertama di bulan Februari diperingati sebagai Hari Membaca dengan Nyaring. Apa saja manfaatnya untuk anak-anak?

GridKids.id - Hari Membaca Nyaring Sedunia atau World Read Aloud Day diperingati tiap hari rabu pertama di bulan Februari.

Hari rabu pertama di bulan Januari 2023 jatuh pada hari ini, 1 Februari 2023, dan diperingati dengan cara mengajak orang-orang untuk membaca dan mempromosikan gerakan literasi, khususnya pada anak-anak.

Membaca nyaring adalah sebuah kegiatan seni dan praktik membaca dengan suara keras, dan jadi salah satu upaya untuk memenuhi hak asasi manusia dalam memajukan literasi.

Peringatan Hari Nyaring Sedunia merupakan sebuah peringatan yang diinisiasi oleh LitWorld, yaitu sebuah organisasi non-profit yang bekerja di bidang pendidikan dan literasi.

Misi dari organisasi LitWorld adalah memperkuat anak-anak dan komunitas dengan kekuatan cerita dan sudah dilakukan sejak 2010 lalu.

Peringatan Hari Nyaring Sedunia pertama dilakukan untuk mempromosikan beragam suara dan narasi di seluruh dunia.

Enggak hanya itu, Hari Nyaring Sedunia juga dilakukan untuk merayakan kegembiraan dan kekuatan membaca dan berbagi cerita satu sama lain.

Hal ini diharapkan bisa memperluas definisi dan ruang lingkup dari literasi global penduduk dunia, menekan angka buta huruf dan mendukung meningkatkan populasi penduduk yang melek huruf.

Dilansir dari laman sehatq.com, berikut adalah manfaat membaca nyaring bagi anak-anak, di antaranya:

Manfaat Membaca Nyaring bagi Anak-Anak

1. Melatih Kemampuan Mendengarkan

Baca Juga: 5 Jenis Hobi yang Baik untuk Pelajar, Salah Satunya Membaca Buku