Find Us On Social Media :

Bumi Terima Sinyal Radio dari Galaksi Sejauh 9 Miliar Tahun Cahaya, Bisa Ungkap Masa Lalu Alam Semesta?

Baru-baru ini Bumi menerima sinyal radio dari sebuah galaksi berjarak 9 miliar tahun cahaya.

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah diajak mengenal tentang objek misterius luar angkasa yang belum terjawab oleh para ilmuwan.

Di antara beberapa fenomena atau objek misterius itu, salah satunya adalah sinyal radio yang diterima oleh satelit Bumi.

Dilansir dari laman physics-astronomy.com, planet Bumi baru saja menerima sinyal radio dari galaksi luar Bima Sakti yang berjarak 9 miliar tahun cahaya.

Fenomena ini merupakan pertama kalinya para ilmuwan berhasil mendeteksi sinyal yang diperkirakan berjarak sekitar 9 miliar tahun cahaya dari planet Bumi.

Sinyal radio ini tertangkap oleh Teleskop Radio Metrewave raksasa yang berlokasi di Pune, India.

Teleskop radio raksasa ini termasuk di dalamnya 30 dish antena yang semuanya mengarah ke angkasa dengan diameter masing-masingnya sekitar 150 kaki atau setara 45,7 meter.

Lewat teleskop mutakhir ini para ahli berhasil mendeteksi sinyal radio yang unik dengan frekuensi unik yaitu garis 21 cm atau garis hidrogen. Sinyal radio ini dihasilkan oleh atom-atom hidrogen yang netral.

Sayangnya, sinyal radio yang unik ini enggak berasal dari alien-alien atau makhluk luar angkasa.

Sinyal radio yang diterima Bumi ini berasal dari galaksi bernama SDSSJ0826+5630 yaitu sebuah bintang yang membentuk sebuah galaksi.

Aspek yang menakjubkan dari sinyal radio ini adalah sinyal ini dihasilkan ketika galaksi Bima Sakti baru berusia sekitar 4,9 Miliar tahun cahaya.

Saat ini, galaksi Bima Sakti diperkirakan sudah berusia sekitar 13,8 Miliar tahun cahaya.

Inilah kenapa sinyal radio ini baru diterima oleh planet Bumi 9 miliar tahun cahaya kemudian.